HEADLINENASIONAL

Menkominfo: Tahun Ini Mulia Dapat 4 BTS, 2019 Internet Kencang

Menkominfo, Rudiantara dalam kunjungan kerjanya ke Mulia, ibukota Kabupaten Puncak Jaya, meninjau lokasi akses internet Universal Services Obligation (USO) di SMP Negeri 1 Mulia, Kabupaten Puncak Jaya Papua. (Foto : Omega/ TIFAOnline)Menkominfo, Rudiantara dalam kunjungan kerjanya ke Mulia, ibukota Kabupaten Puncak Jaya, meninjau lokasi akses internet Universal Services Obligation (USO) di SMP Negeri 1 Mulia, Kabupaten Puncak Jaya Papua. (Foto : Omega/ TIFAOnline)

TIFAOnline, PUNCAK JAYA— Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berjanji akan menambah jumlah Base Transceiver Station (BTS) di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya dalam tahun ini, dan ia optimis di tahun 2019 maka masyarakat sudah dapat menggunakan internet berkecepatan tinggi di Mulia, ibukota Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

“kebijakan pemerintah sudah berpihak dari sisi teknologi informasi dan komunikasi tanpa memikirkan untung dan rugi, asal masyarakat bisa menikmati internet gratis sebagai bagian dari konektivitas jaringan tulang punggung, tahun 2019 tidak boleh ada lagi kabupaten di Indonesia yang tidak terhubung dengan internet berkecepatan tinggi”, kata Menkominfo, Rudiantara dalam kunjungan kerjanya ke Mulia, ibukota Kabupaten Puncak Jaya, meninjau lokasi akses internet Universal Services Obligation (USO) di SMP Negeri 1 Mulia, Kabupaten Puncak Jaya Papua, Selasa (17/7/2018).

Menkominfo menegaskan karena ingin memastikan visi 2019 Mulia sudah akses internet berkecepatan tinggi itulah maka dirinya hadir di Mulia dan mendengar langsung apa yang menjadi keluhan dari masyarakat yang di sampaikan oleh Yuni Wonda, Bupati Kabupaten Puncak Jaya.

Menurut Menkominfo secara geografis Tanah Papua berkah sekaligus tantangan, karena  tidak semua daerah di Papua bisa dilalui jalur darat jadi harus menggunakan jalur udara.

“dalam dunia telekomunikasi, ada istilah tidak bisa tarik kabel, jadi harus menggunakan satelit, itu yang terjadi di Papua”, kata Menkominfo berharap Pemerintah Ddaerah Puncak Jaya dapat membantu dari sisi perizinan dan penyediaan lahan untuk dapat membangun lokasi akses internet dan BTS di Puncak Jaya.

Direktur BAKTI Anang Latif menegaskan bahwa dalam tahun 2018  ini akan di tambah 4 lokasi akses internet di Kabupaten Puncak Jaya dan di tahun 2019 akan ditutup dengan internet berkecepatan tinggi karena sudah ada Palapa Ring.

Dalam kesempatan yang sama PT Infokom Elektrindo melalui Program Infokom Berbakti memberikan bantuan laptop sebanyak 4 unit kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mulia dan SMK Negeri Mulia Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Kunjungan kerja tersebut rutin dilakukan oleh Rudiantara untuk melihat hasil kinerja program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infomatika (BAKTI).

Diketahui, saat ini BAKTI sedang menjalankan program USO bekerja sama dengan PT Infokom Elektrindo sebagai penyedia jasa telekomunikasi dengan membangun akses internet di daerah Terdepan, Tertinggal, Terluar (3T).

Hadir dalam kunjungan tersebut, Direktur Utama BAKTI Anang Latif , GM Sales PT Infokom Elektrindo, Tri Bimo Siswono Putro serta Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, pimpinan SKPD, tokoh  masyarakat setempat dan siswa – siswi.

“Infokom hadir di Mulia Kabupaten Puncak Jaya ini kami membantu program pemerintah dalam pemerataan solusi jaringan infrastruktur telekomunikasi dan informatika melalui media V-SAT berkecepatan tinggi dimana Mulia termasuk dalam wilayah 3T”, kata Tri Bimo Siswono Putro, General Manager of Sales PT. Infokom Elektrindo.

Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda mengapresiasi kunjungan Menkominfo, BAKTI dan PT. Infokom Elektrindo yang sudah menjawab kebutuhan masyarakat akan akses internet.

“belum sah mengaku kunjungi Papua kalau belum menginjak Puncak Jaya, kami maknai program ini sebagai wujud komitmen negara hadir sampai pelosok terpencil di wilayah NKRI untuk memberikan perhatian dan pelayanan dibidang telekomunikasi” kata Bupati Puncak Jaya berterima kasih.

Yuni Wonda berharap di tahun 2018 Menkominfo dapat memindahkan lokasi BTS ketempat yang lebih sesuai, dan juga menambah beberapa lokasi akses internet dan bandwidth di wilayah Puncak Jaya khususnya untuk sekolah, Puskesmas dan kantor pemerintahan di 26 Distrik.

“Hal ini dibutuhkan untuk menunjang kelancaran tugas pemerintahan dan perencanaan pembangunan terhadap masyarakat yang berbasis teknologi informasi”, kata Yuni Wonda. (Eld/amr)

Tinggalkan Balasan