HEADLINEPILEG

Ternyata Ada 7 Anggota DPRP Yang Pindah Parpol, Ini Tanggapan Demokrat Atas 2 Kadernya Yang Loncat Partai

Carolus Bolly, SE, M.Si, Sekretaris DPW Partai Demokrat Provinsi Papua dan Jhony Banua Rouw, salah satu anggota DPRP dari Partai Demokrat yang juga pindah ke Partai Nasdem untuk maju kembali di Pemilu 2019. (Foto : ist / TIFA Online)

TIFAOnline, JAYAPURA—Bila sebelumnya TIFA Online memberitakan ada 6 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang pindah partai politik untuk Pemilu 2019, ternyata hasil penelusuran TIFA Online kembali, rupanya ada 7 anggota DPRP yang pindah parpol.

Ketujuh anggota DPRP tersebut diantaranya Jhony Banua Rouw, anggota Komisi V DPRP dari Partai Demokrat, yang rupanya juga telah terdaftar dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRP dari Partai Nasdem dengan nomor urut 1 untuk Dapil 6 yang meliputi Kabupaten Jayawijaya, Maberamo Tengah, Lanny Jaya dan Kabupaten Nduga.

Sedang 6 anggota DPRP lainnya yang sudah diberitakan TIFA Online yakni 4 diantaranya maju kembali untuk perebutan kursi DPRP, sedangkan 2 anggota DPRP lainnya ‘naik kelas” untuk bertarung di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Sebagaimana tertuang dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRP dalam Pemilihan Umum 2019 yang di umumkan oleh KPU Papua, Minggu (12/8/2018) kemarin, empat anggota DPRP yang maju kembali untuk kursi DPRP tetapi dari partai yang berbeda diantaranya Yakoba Lokbere, Elvis Tabuni, Deki Nawipa dan Stevanus Kaisiepo.

Sedangkan dua anggota DPRP yang naik kelas ke kursi DPR RI diantaranya Ruben Magai dan Yan Permenas Mandenas juga pindah parpol di Pileg 2019.

Terkait dengan fenomena pindah partai ini, dimana ada dua kader Partai Demokrat yang ‘loncat” ke Partai Nasdem yakni Ruben Magai dan Jhon Banua Rouw, Carolus Bolly, SE, M,Si, Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Papua yang di konfirmasi TIFA Online mengatakan DPD Demokrat Papua belum membahas hal tersebut secara internal partai.

“Kita belum tau, mungkin saja sudah ada, saya juga belum lihat, beberapa waktu ini saya lebih banyak di luar Papua jadi, tapi belum ada pembahasan hal itu di internal”, kata Carolus Bolly usai Sidang Paripurna DPRP, Selasa (14/8/2018) malam.

Ia juga tidak memberi komentar lebih saat ditanya terkait dua anggota DPRP dari Demokrat yang sudah terdaftar sebagai Daftar Calon Sementara (DCS) dari partai politik lain.

Yacoba Lokbere, kader PDI Perjuangan yang juga namanya sudah terdaftar dalam DCS maju dari Partai Nasdem ketika di mintai tanggapan TIFA Online mengenai alasan dirinya sehingga pindah partai politik pada Pemilu 2019 mendatang menolak memberikan tanggapan.

“nanti saja ade, belum saatnya ya !”, kata Yakoba Lokbere sambil tersenyum lebar menolak secara halus saat hendak di wawancarai. (Titie Adam / Walhamri Wahid)

Tinggalkan Balasan