HEADLINEPOLITIK NASIONAL

Nama Empat Senator Incumbent Hilang Dari 15 Bakal Calon Senator Dapil Papua ?

Nama empat Senator incumbent hilang dari 15 bakal calon Senator Dapil Papua ?, tampak suasana Pleno hasil verfikasi syarat dukungan bakal calon anggota DPD RI Dapil Papua di Pemilu 2019Nama empat Senator incumbent hilang dari 15 bakal calon Senator Dapil Papua ?, tampak suasana Pleno hasil verfikasi syarat dukungan bakal calon anggota DPD RI Dapil Papua di Pemilu 2019

TIFAOnline, JAYAPURA— Empat Senator (anggota Dewan Perwakilan Daerah –Red) incumbent yang saat ini masih menjabat hingga 2019 mendatang yakni Pdt. Charles Simaremare, S.Th, M.Si, Mesakh Mirin, Yanes Murib, MM, dan Edison Lambe ‘menghilang’ dari bursa calon Senator Dapil Papua di Pemilu 2019 mendatang.

Dimana untuk Senator Pdt. Charles Simaremare, S.Th, M.Si dipastikan ‘loncat kamar’ ke bursa DPR RI dari Partai Perindo, sedangkan 3 senator lainnya hingga berita ini di naikkan TIFA Online belum berhasil mendapatkan informasi kemana karir mereka berlabuh, apakah memang mereka tidak mendaftar lagi, ataukah mendaftar tetapi tidak lolos verifikasi, atau mungkin mengikuti jejak Pdt. Charles Simaremare maju lewat jalur partai politik.

Sesuai hasil Rapat Pleno KPU Papua, Sabtu (18/8/2018) malam, sebanyak 15 nama bakal calon Senator dari Dapil Papua telah dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dalam hal jumlah dukungan KTP, sehingga mereka akan lanjut ke tahap verifikasi administrasi sebelum di penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) yang di jadwalkan per 31 Agustus 2018 mendatang.

Melihat komposisi ke-15 bakal calon Senator Dapil Papua yang di nyatakan Memenuhi Syarat (MS) kemarin sejumlah nama baru dan politisi gaek yang dulunya berkiprah di partai politik bahkan ada yang sudah duduk di kursi DPR RI beberapa periode ‘pindah kamar’ dan maju dalam bursa anggota DPD – RI.

Kelima belas bakal calon Senator Dapil Papua diantaranya adalah  : (1) Paulus Yohanes Sumino, (2) Fransiskus Tekege, (3) Otopianus Tebai, (4) Helina Murib, (5) Pdt. Ruben Uamang, (6) Carel Simon Petrus Suebu, (7) Davis Kambuaya, (8) Dayana, (9) Habelino Sawaki, (10) Hasbi Suaib, (11) Lalita, (12) Wilhelmus Rollo, (13) Yohanis Damasenus Reda, (14 Yohanes Fajar Irianton Kambon dan (15) Yorrys Raweyai.

“Setelah dilakukan verifikasi kembali maka 15 nama ini dinyatakan memenuhi syarat untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Daftar Calon Sementara (DCS),” kata Theodorus Kossay, Ketua KPU Papua, usai pleno rekapitulasi yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Jayapura, malam minggu kemarin.

Menurut Ketua KPU Papua,  status MS ke -15 calon anggota DPD Papua ini, dilakukan setelah KPU  Papua menggelar Rapat Pleno  Rekapitulasi hasil verifikasi faktual perbaikan kedua, syarat dukungan calon perseorangan DPD Daerah pemilihan Provinsi Papua, terkait dukungan syarat minimal KTP mininal 2000 KTP.

Selanjutnya 15 orang yang dinyatakan MS ini selanjutnya akan masuk dalam tahapan verifikasi  syarat administrasi sebelum ditetapkan sebagai Daftar Calon Sementara (DCS) 31 Agustus mendatang.

“Nanti akan dilakukan verifikasi lagi terkait syarat administrasi yang meliputi kesehatan, statusnya jika ASN atau pengurus partai harus melampirkan surat pengunduran diri dan syarat lainnya,” kata Theo

Sebelumnya, kata Theodorus, 5 bakal calon Senator diantaranya telah dinyatakan Memenuhi Syarat oleh KPU Papua, dan sebagaimana aturannya, KPU memberikan waktu kepada para bakal calon lainnya yang dianggap belum memenuhi syarat, untuk melengkapi berkas yang kurang.

“jadi dari 15 orang ini, 5 diantaranya sudah MS dan 10 lainnya masih harus melengkapi, tapi setelah dilakukan verifikasi ulang baik berkas maupun dukungan syarat calon, semuanya sudah memenuhi syarat,” kata Theo.

Terkait jika nantinya ada bakal calon yang merasa tidak puas dengan hasil verifikasi syarat dukungan yang telah ditetapkan KPU Papua, kata Theo, KPU mempersilahkan untuk menempuh permohonan sengketa  Pemilu di Bawaslu Papua. (titie adam / walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan