WARTA KODAM

Kali Kedua, Satgas YPR 501 Kostrad Panen Ayam Potong Bersama Masyarakat Nafri

Kali Kedua, Satgas YPR 501 Kostrad panen ayam potong bersama masyarakat Nafri. (Foto : dok. Pendam XVII/Cenderawasih)Kali Kedua, Satgas YPR 501 Kostrad panen ayam potong bersama masyarakat Nafri. (Foto : dok. Pendam XVII/Cenderawasih)

TIFAOnline, JAYAPURA— Setelah berhasil panen ayam potong perdana pada bulan Agustus 2018 lalu, Rabu (31/10/2018) kemarin, kembali Satgas Yonif Para Raider (YPR) 501/ Kostrad melakukan panen kedua dengan hasil yang lebih banyak dan lebih baik dibanding panen perdana sebelumnya.

Bertempat di kandang ayam milik Satgas YPR 501/ Kostrad di Pos Nafri, Kampung Nafri, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Satgas YPR 501/Kostrad kembali menggelar acara panen ayam potong bersama masyarakat Kampung Nafri, dan hasilnya di bagi – bagikan kepada masyarakat setempat.

Sebagaimana release yang di kirimkan Pendam XVII/ Cenderawasih, Satgas YPR 501/ Kostrad Pos Nafri menyadari bahwa pada panen ayam potong pertama pada bulan Agustus lalu, masih banyak kekurangan yang mengakibatkan hasil panen kurang maksimal.

“Dengan mempelajari kekurangan tersebut ditambah dengan saling tukar pikiran dengan masyarakat Kampung Nafri, kini Pos Nafri kembali menggelar acara panen ayam potong dengan hasil yang sangat luar biasa”, kata Dansatgas YPR 501/ Kostrad, Letkol (Inf) Eko Antoni Chandra.

Dimana menurutnya melalui pendirian kandang ayam tersebut, masyarakat dapat ikut belajar bagaimana proses beternak ayam potong kepada masyarakat di Kampung Nafri.

“Selain mudah dalam hal perawatan dan pemberian pakan ayam, waktu yang dibutuhkan juga relatif singkat. Dari mulai bibit ayam potong diternak hingga masa panen hanya membutuhkan waktu sekitar 6 minggu atau 40 hari”, kata Letkol (Inf) Eko Antoni Chandra dalam release yang diterima TIFA Online.

Dansatgas YPR 501/Kostrad menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh jajarannya hanya semata – mata untuk membantu meringankan beban masyarakat.

Dansatgas berharap masyarakat Kampung Nafri bisa mengaplikasikan dan melanjutkan apa yang telah diajarkan oleh jajarannya. Sehingga bisa dijadikan satu peluang bisnis untuk mendongkrak perekonomian keluarga.

“Mendekati akhir masa penugasan, Pos Nafri akan kembali beternak ayam potong, namun personel Pos Nafri tidak akan turun langsung ke lapangan, ternak ayam potong selanjutnya diserahkan kepada masyarakat Kampung Nafri, sedangkan Satgas hanya akan melaksanakan pendampingan saja, agar ketika purna tugas, masyarakat Kampung Nafri sudah paham dan mengerti cara beternak ayam potong”, kata Letkol (Inf) Eko Antoni Chandra.

Rina Tjoe, salah seorang masyarakat Kampung Nafri sekaligus pemilik lahan kandang ayam dimaksud mengucapkan terima kasih banyak atas apa yang telah dilakukan oleh pihak Satgas YPR 501/ Kostrad Pos Nafri.

“kami sangat bersyukur dengan keberadaan Satgas YPR 501/ Kostrad di Kampung Nafri, ada kerja sama yang dengan masyarakat dan hasilnya juga sangat dirasakan oleh masyarakat  sini”, katanya lagi. (titie adam/r1)

Tinggalkan Balasan