HEADLINEWARTA POLDA

Bripka Achmad, SH, Pak Polisi Yang Jadi Guru Dua Kali Seminggu di Pedalaman Keerom

Tugas pokoknya adalah menjaga kamtibmas, namun di tengah kesibukan ia masih mau menyempatkan diri mengajar minimal dua kali seminggu di SD YPPK Epinosa Kampung Kali Mo Distrik Waris, Kabupaten Keerom, bahkan di tengah keterbatasannya ia masih mau berbagi dengan anak didiknya walau sekedar tumpangan, seragam maupun alat tulis sekolah

Bripka Achmad, SH, Pak Polisi yang jadi Guru dua kali seminggu di pedalaman Keerom, tampak Bripka Achmad tengah mengajari matematika kepada salah seorang murid SD. (Foto : dok. Humas Polda Papua)Bripka Achmad, SH, Pak Polisi yang jadi Guru dua kali seminggu di pedalaman Keerom, tampak Bripka Achmad tengah mengajari matematika kepada salah seorang murid SD. (Foto : dok. Humas Polda Papua)

Oleh    : Walhamri Wahid

Ia memang tidak setiap hari dan setiap saat ada untuk murid – murid di SD YPPK Epinosa Kampung Kali Mo, bahkan mungkin ia juga bukanlah satu – satunya anggota polisi yang coba mendarma bhaktikan diri mencerdaskan anak bangsa di tempat tugasnya yang berada di pedalaman Papua.

Namun sedikit sentuhan yang di lakukan Bripka Achmad, SH, selaku Bhabinkamtibmas di dunia pendidikan dalam balutan seragam kepolisian saat mengajar, memberikan kesan positif di kalangan murid – murid dan warga setempat.

Dialah Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Achmad, SH, Bhabikamtibmas Kampung Kali Lapar 1, Distrik Waris, Kabupaten Keerom yang rutin menjadi ‘Pak Guru’ di SD YPPK Epinosa Kampung Kali Mo, Distrik Waris, seperti yang ia lakukan pada Senin (5/11/2018) kemarin, sebagaimana release yang di kirimkan Bidang Humas Polda Papua kepada TIFA Online.

“saya mengajar apa saja, bisa matematika, Bahasa Indonesia, juga saya membagikan pengetahuan yang sifatnya umum, cara hidup bersih, soal lingkungan, dan juga memotivasi anak – anak agar mereka punya impian yang tinggi dan menjadi generasi yang lebih baik lagi di masa mendatang”, kata Bripka Achmad, SH dalam release yang diterima TIFA Online.

Menurutnya apa yang ia kerjakan sebagai bagian dari tugas dari Bhabinkamtibmas juga merupakan panggilan hati, untuk bisa sama – sama merasakan apa yang menjadi pergumulan masyarakat maupun tenaga pengajar di daerah pedalaman.

Meskipun tidak setiap hari mengajar namun keaktifannya mendapat apresiasi warga, karena paling tidak dua hari dalam satu minggu dirinya selalu meluangkan waktu untuk membimbing dan mengajar di SD Epinosa Distrik Waris.

Dalam aktifitasnya mengajar di Sekolah Bripka Achmad selalu berangkat pagi dari Polsek Waris, dan di sepanjang perjalanan ia menjemput dan memberikan tumpangan kepada siswa – siswi yang sejalan dengannya atau bertempat tinggal jauh dari sekolah dengan mobil yang dikemudikannya.

“apa yang bisa saya berikan bantu, saya bantu, mulai dari bantuan seragam sekolah bagi siswa yang tidak memiliki seragam, termasuk juga buku dan alas tulis kepada siswa yang tidak memiliki alat tulis atau alat tulisnya sudah habis”, kata Bripka Achmad lagi.

Bripka Achmad mungkin bukan satu – satunya polisi yang peduli terhadap pendidikan namun kemauan yang didasari keikhlasan dengan apa yang dilakukannya di daerah pedalaman Keerom perlu kita apresiasi sehingga memotifasi para Bhabinkamtibmas yang lain untuk mengikuti jejaknya. (TIFAOnline)

Tinggalkan Balasan