HEADLINERAGAM SPORT

PON XX Tahun 2020, Menteri Perhubungan Jamin Tariff Pesawat Tidak Akan Menggila

PON XX Tahun 2020, Menteri Perhubungan jamin tariff pesawat tidak akan menggila, tampak pertemuan Wagub Klemen Tinal bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya. (Foto : ist/ TIFAOnline)PON XX Tahun 2020, Menteri Perhubungan jamin tariff pesawat tidak akan menggila, tampak pertemuan Wagub Klemen Tinal bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya. (Foto : ist/ TIFAOnline)

TIFAOnline, JAYAPURA— Menteri Perhubungan menjamin bahwa dalam pelaksanaan PON XX Tahun 2020 mendatang di Papua, harga tiket pesawat tidak akan menggila apalagi gila – gilaan seperti yang terjadi selama ini, jelang moment peristiwa tertentu biasanya harga tiket pesawat dari dank ke Jayapura, Papua naik signifikan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat menerima rombongan Road Show PON XX yang di pimpin Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM, Kamis (8/11/2018) siang.

Soal kekhawatiran terhadap harga tiket pesawat yang ditengarai akan mengalami kenaikan signifikan, Menteri memberikan jaminan, bahwa soal harga tiket pesawat akan ditentukan kembali.

“kalau hal itu akan ditentukan kemudian oleh Kemenhub demi sukses PON XX di Papua yang notabene merupakan ajang olahraga bergengsi tingkat nasional”, kata Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memberi jaminan transportasi demi suksesnya PON XX di Papua. Jaminan itu, kata Budi Karya berupa bus, pengaturan transportasi udara dan laut.

“Kita akan lengkapi dengan baik khususnya dibidang transpotasi baik darat, udara dan laut, tetap akan didukung,” kata Budi Karya lagi.

Untuk penyelenggaraan PON Papua yang akan ditempatkan di enam kluster, menurut Budi Karya, tentunya tidaklah mudah, sehingga pihaknya akan memberikan perhatian khusus.

“Di sebar itu malah lebih baik, makanya, saya bilang kalau persentasenya itu cukup banyak, untuk yang keluar, justru itu malah bagus”, kata Menteri Perhubungan.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal usai pertemuan memberi ucapan terima kasih kepada Menteri Perhubungan yang akan memberikan suppport penuh kepada Papua dalam hajatan nasional PON XX di Papua.

“Pak Menteri tadi katakan akan mensupport penuh kebutuhan transportasi untuk PON Papua, baik menyangkut darat, jalan, rambu-rambu hingga pelaksanaan lalu lintas saat PON, pengaturan jalur udara, penerbangan hingga bandara,” kata Klemen Tinal.

Pemerintah Provinsi Papua memberi ucapan terima kasih kepada Kementerian yang telah menerima tim Road Show Pemprov Papua, dimana dari beberapa waktu terakhir Pemprov telah bertemu dengan sejumlah Kementerian dan Badan.

“sambutan mereka sangat baik dan siap membantu sepenuhnya kebutuhan terkait dengan PON nantinya”, kata Wakil Gubernur Papua lagi.

Sebagaimana komitmen pemerintah, kata Klemen dalam dua tahun ini, Pemerintah Provinsi Papua akan menfokuskan pada pelaksanaan PON khususnya tercapainya tiga sukses, agar bisa memberikan dampak baik untuk Papua maupun Indonesia.

“Ketiga sukses itu, sebagai tuan rumah PON, Papua telah menyiapkan enam kluster, sukses prestasi dan adminsitrasi dalam hal ini Papua membutuhkan pembiayaan dalam membangun venue dan juga perangkat yang akan mensupport pelaksanan PON, nah untuk mengejar sukses inilah yang tim melakukan koordinasi dengan kementrian yang terkait”, kata Klemen Tinal.

Selain itu, kata Klemen Tinal dukungan Kemendagri yang akan memberikan support dalam hal review untuk Instruksi Presiden (Inpres), dimana sebelumnya Presiden mengintsruksikan terkait penanganan jumlah cabor.

“Jadi soal Inpres ini harus di revisi dan harus mendapat persetujuan dari beberapa Kementerian, sehingga Kemendari siap membantu dan memastikan perubahan Inpres ini agar revisinya cepat selesai”, kata Wagub lagi.

Ia juga menguak kesiapan Kemendagri dalam mendorong dana infrastruktur yang selanjutnya dibahas dengan Bapennas untuk mempercepat infrastrukur PON.

Klemen berharap masyarakat Papua dapat mendukung sepenuhnya usaha pemerintah dalam mensukseskan PON Papua, khususnya agenda Road Show tersebut.

Untuk selanjutnya, Tim Road Show akan melanjutkan kunjungan ke Kementrian Komunikasi dan Informasi serta Kementerian Pariwisata.

“Pemerintah Papua berharap mendapat respon yang sama untuk proses dukungan PON di Papua ini,” kata Klemen.

Sebelumnya Gubernur Papua, Lukas Enembe, memimpin rombongan Pemprov Papua dalam Roadshow PON Papua sejak akhir Oktober lalu.

Gubernur Papua telah bertatap muka dengan Menteri PUPR, Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia (PMK). (titie adam/ r1)

Tinggalkan Balasan