HEADLINEPILKADA

Molor Dua Jam Lebih dan Diwarnai Ketegangan Kecil, Akhirnya Keerom Punya Wakil Bupati Baru

Molor dua jam lebih dan diwarnai ketegangan kecil, akhirnya Keerom punya Wakil Bupati baru, tampak saat dua calon Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis naskah Pakta Integritas. (Foto : ist/TIFAOnline)Molor dua jam lebih dan diwarnai ketegangan kecil, akhirnya Keerom punya Wakil Bupati baru, tampak saat dua calon Wakil Bupati menyerahkan secara simbolis naskah Pakta Integritas. (Foto : ist/TIFAOnline)

TIFAOnline, KEEROM— Sesuai undangan yang beredar Rapat Paripurna Terbuka Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Keerom dalam rangka Pemilihan dan Penetapan Calon Wakil Bupati Keerom sisa masa jabatan periode 2016 – 2021 yang di jadwalkan Senin (26/11/2018) pukul 13.00 WIT harus molor hingga 2 jam lebih 15 menit.

Tamu undangan yang telah hadir sejak pukul 12.30 WIT harus rela menunggu karena beberapa anggota DPRD belum hadir di gedung DPRD Keerom, bahkan salah seorang Timses Calon Wakil Bupati Herman AT. Yoku sempat protes ke Sekretariat karena molornya waktu.

Hingga akhirnya pukul 15.15 WIT barulah Rapat Paripurna di mulai di dahului dengan mengabsen para anggota DPRD yang hadir, dimana sebanyak 15 anggota DPRD Keerom hadir, 3 orang anggota masih status PAW, dan 1 orang anggota DPRD atas nama Bambang Mujiono yang adalah kader dan ketua DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Keerom tidak hadir.

Sebelum beranjak ke acara pemilihan suasana Rapat Paripurna Terbuka DPRD Keerom sempat di warnai ketegangan kecil, karena Calon Wakil Bupati nomor urut 1, atas nama Herman AT Yoku menolak untuk menandatangani Pakta Integritas Siap Menang Siap Kalah dengan alasan bahwa proses yang berjalan bertentangan dengan sejumlah peraturan perundang – undangan.

Namun setelah melalui pandangan beberapa anggota DPRD yang hadir, akhirnya pimpinan Sidang yakni Ketua DPRD Keerom, H. Syahabuddin, SP menetapkan tahapan berlanjut meskipun ada salah satu Calon Wakil Bupati yang menolak menanda tangani Pakta Integritas.

Tiba giliran Calon Wakil Bupati nomor urut 2 atas nama Piter Gusbager, S.Hut, MAP yang membacakan Pakta Integritas Siap Menang Siap Kalah dan menandatanganinya.

Pada saat penyampaian dan pemaparan visi misi Calon Wakil Bupati, giliran calon nomor urut 1 yang pertama kali naik ke atas mimbar.

“sesuai dengan peraturan perundang – undangan Wakil Bupati tidak memiliki visi misi tersendiri, Wakil Bupati nantinya mengikuti apa yang sudah menjadi visi misi Bupati, jadi saya tidak akan membacakan visi misi”, kata Herman AT. Yoku kemudian turun dari mimbar.

Sedangkan saat Piter Gusbager, S.Hut, MAP yang naik ke atas mimbar untuk membacakan visi misinya juga mengatakan hal yang sama bahwa dirinya tidak ada visi misi baru atau tersendiri namun sesuai peraturan yang ada Calon Wakil Bupati boleh memberikan pembobotan atau penajaman pada visi – misi Calon Bupati yang sudah ada.

“jadi yang akan saya bacakan ini bukan visi misi saya dan juga bukan visi misi Bupati yang ada saat ini, tetapi saya hanya akan memberikan pembobotan dan beberapa catatan penajaman pada visi misi yang dulu di ajukan oleh (Alm) Bupati Celcius Watae, karena visi misi kami semua merujuk pada apa yang sudah di rumuskan oleh (Alm) Celcius Watae sebagai visi misi, baik Bupati yang ada saat ini maupun Wakil Bupati yang terpilih hari ini”, kata Pieter Gusbager, S.Hut, MAP dari atas mimbar.

Setelah pemaparan visi – misi, akhirnya sidang di skors 10 menit untuk dilakukan persiapan pemilihan secara langsung oleh Panitia Pemilihan (Panlih) Calon Wakil Bupati Keerom.

Hingga akhirnya saat perhitungan suara dari 16 hak suara yang ada sebanyak 15 suara memilih Piter Gusbager, S.Hut, MAP sebagai Wakil Bupati Keerom, sedangkan Herman AT Yoku mendapatkan 1 suara, sedangkan 3 suara tidak memberikan hak nya karena berstatus PAW, sedangkan 1 suara atas nama Bambang Mujiono dari Fraksi PKS tidak hadir.

Hingga berita ini di naikkan kegiatan di DPRD Keerom masih berlangsung tahap penetapan Wakil Bupati Keerom terpilih oleh DPRD Keerom.

Hadir pada Rapat Paripurna Terbuka DPRD Keerom, Senin (26/11/2018) tadi Bupati Keerom, Muh. Markum, SH, MH, MM, Kapolres Keerom, AKBP Muji Windi Hartono, dan sejumlah unsur pimpinan SKPD lainnya.(fn/r1)

Tinggalkan Balasan