WARTA KODAM

Lestarikan Sejarah, Satgas Pamtas YPR 328/Dgh Pos Nafri Ikut Renovasi Salah Satu Masjid Tertua di Kota Jayapura

Lestarikan sejarah, Satgas Pamtas YPR 328/Dgh Pos Nafri ikut renovasi salah satu masjid tertua di Kota Jayapura, tampak para anggota tengah kerja bakti. (Foto : Pendam XVIi/ Cenderawasih)Lestarikan sejarah, Satgas Pamtas YPR 328/Dgh Pos Nafri ikut renovasi salah satu masjid tertua di Kota Jayapura, tampak para anggota tengah kerja bakti. (Foto : Pendam XVIi/ Cenderawasih)

TIFAOnline, JAYAPURA— Sebagai bentuk kepedulian Satuan Tugas Yonif Para Raider (Satgas YPR) 328 / Dirgahayu (Dgh) Pos Nafri dalam ikut melestarikan sejarah dan jejak masuknya agama islam ke Kota Jayapura, personel Satgas YPR 328/Dgh yang belum lama bertugas di Pos Nafri ikut terlibat dalam renovasi Masjid Jami Al- Fatah Abepantai, yang merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kota Jayapura, Senin (26/11/2018).

Sebagaimana release yang dikirimkan Pendam XVII/ Cenderawasih disebutkan personel Satgas YPR 328/ Dgh Pos Nafri di pimpin oleh Komandan Pos (Danpos) Nafri, Letda (Inf) Muhammad Deki Eka Putra membaur dengan masyarakat yang sudah sekitar dua bulan belakangan ini gotong royong melakukan renovasi Masjid Jami Al Fatah Abepantai.

“ini bentuk kemanunggalan kami TNI dengan masyarakat di mana kami bertugas, apalagi kami dengar masjid ini punya sejarah tentang hadirnya islam di Kota Jayapura, maka kami juga ingin ikut ambil bagian dalam sejarah merenovasi masjid yang termasuk tertua di Kota Jayapura ini”, kata Letda (Inf) Muhammad Deki Eka Putra dalam release yang diterima TIFA Online.

Menurutnya juga dengan ikut kerja sama dan gotong royong dengan masyarakat, Danpos Nafri berharap dapat mempererat hubungan baik antara anggota Pos Nafri dan warga Abepantai khususnya pengurus Masjid Jami Al Fatah Abepantai.

“Kami memang baru bertugas, jadi kami juga harus membaur dan beradaptasi dan membaur dengan warga disini, dan kami senang bila bisa ikut membantu kegiatan masyarakat di sini”,kata Danpos Nafri lagi.

Pembangunan Masjid Abepantai memang sudah berjalan dua bulan lebih. Keterlibatan Pos Nafri Satgas Pamtas Yonif PR 328/Dgh dalam renovasi masjid ini merupakan kegiatan pembinaan teritorial dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat di tanah Papua, sehingga dapat mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, karena Rakyat adalah ibu kandung TNI.

Hal ini mendapat apresiasi dari Ketua Pengurus Masjid Jami Al Fatah Abepantai, La Mochtar Unu S. Sos, M. Si, menurutnya Pos Nafri dari Satgas 328 juga menjadi sejarah pembangunan salah satu masjid pertama di Kota Jayapura.

Selaku pengurus Masjid beliau menyampaikan apresiasi yang baik akan terlibatnya Pos Nafri dalam renovasi Mesjid.

“Masjid ini merupakan salah satu masjid pertama di Kota Jayapura, punya andil dalam masuknya Islam di Jayapura khususnya Abepantai, hanya memang perlu dikaji kembali”, kata La Mochtar yang mengaku seluruh warga sangat mengapresiasi inisiatif dari anggota Pos Nafri yang sudah ikhlas dan sukarela ikut gotong royong bersama warga.

Menurutnya, partisipasti yang dilakukan oleh anggota Pos Nafri merupakan awal yang baik, karena dengan Satgas YPR 501 yang dahulu juga hubungan dengan masyarakat Abepantai sangat baik.

“kita senang, dan berharap hubungan sebelumnya dengan Satgas 501 yang terjalin baik juga bisa terjadi dengan anggota yang baru ini, untuk itu kami harapkan hubungan dengan Pos Nafri dari Satgas 328 ini juga dapat berjalan baik hingga akhir penugasan mereka”, kata Mochtar. (Advetorial/ Titie Adam/ R1)

Tinggalkan Balasan