HEADLINEPERISTIWA

Pencarian Enam Hari, Akhirnya Jenazah Aipda Yusak Tamo Ditemukan Terapung di Laut

Pencarian enam hari, akhirnya jenazah Aipda Yusak Tamo ditemukan terapung di laut, tampak proses evakuasi oleh Tim SAR. (Foto : Adrian/ TIFA Online)Pencarian enam hari, akhirnya jenazah Aipda Yusak Tamo ditemukan terapung di laut, tampak proses evakuasi oleh Tim SAR. (Foto : Adrian/ TIFA Online)

TIFAOnline, MANOKWARI— Setelah kurang lebih 6 (enam) hari di lakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan, akhirnya Sabtu (1/12/2018) sekitar pukul 14.15 WIT, jasad (Alm) Aipda Yusak Tamo ditemukan terapung di perairan Laut Amutu, Kabupaten Teluk Bintuni.

(Alm) Aipda Yusak Tamo, S.Sos salah satu personel aktif di jajaran Polres Teluk Bintuni, korban laka laut long boat terbalik di perairan laut Amutu, Kabupaten Teluk Bintuni, Senin (26/11/2018).

Sebelumnya ia dilaporkan hilang atau di duga meninggal dunia selain tiga korban penumpang lain yang sebelumnya telah terselamatkan.

Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Hary Supriono yang dikonfirmasi via seluler oleh TIFAOnline, Sabtu (01/12/2018) malam membenarkan hal tersebut.

Ia mengatakan, jenazah (Alm) Aipda Yusak Tamo ditemukan  atas kerjasama jajaran Polres Teluk Bintuni dan di bantu pihak terkait yang tergabung dalam Operasi SAR H+6 pencarian kecelakaan kapal long boat yang mati mesin dan tenggelam di Perairan Amutu Kabupaten Teluk Bintuni, sejak Senin (26/11/2018) lalu.

“Kita bersyukur jenazah (Alm) Aipda Yusak Tamo telah ditemukan. Jenazah ditemukan hari ini, sekitar pukul 14.15 WIT sesuai laporan yang saya terima”, kata AKBP Hary Supriono, Sabtu (1/12/2018).

Kepala SAR Nasional Manokwari, George Leo Mercy Randang, SIP kepada TIFAOnline, Selasa (27/11/2018) menjelaskan, pencarian jenasah (Alm) Aipda Yusak Tamo pada Sabtu (1/12/2018) merupakan kerja keras semua pihak.

Dimana saat meluncur pada Sabtu (1/12/2018) sekitar pukul 06.45 WIT, tim yang dengan posisi sama berjumlah 30 personel sejak hari pertama kembali menyasar sisi permukaan perairan laut Amutu dengan kode empat area titik koordinat pemetaan wilayah perairan.

“dari wilayah itu,  korban Yusak Tamo dalam kondisi meninggal dunia berhasil ditemukan di Perairan Amutu dengan titik koordinat 2° 27’ 20.15”S – 133° 26’ 55.50”E, sekitar pukul 14.15 WIT, kita langsung evakuasi jenazah ke dermaga Bintuni dengan menggunakan kapal Polairud Bintuni, untuk selanjutnya diteruskan ke RSUD Bintuni dan pihak keluarga korban”, kata George Leo Mercy Randang.

Sebelumnya diberitakan, insiden kecelakaan laut satu buah unit longboat yang ditumpangi empat penumpang dengan tujuan Distrik Aranday, Kabupaten Teluk Bintuni Papua Barat, dilaporkan terbalik di perairan Amutu, Senin (26/11) sekitar pukul 9.30 WIT.

Kronologi awalnya, pada pukul 07.00 WIT longboat yang bertolak dari Pelabuhan Delta Teluk Bintuni dengan penumpang empat orang diantaranya, dua anggota Polres setempat, Aiptu Sehe Bati dan Aipda Yusak Tamo, kemudian seorang PNS Dinas Kesehatan, Jefri Kamisopa dan seorang lainnya swasta, Ibnu Hajar.

Dimana penyebab longboat terbalik sekitar jam 9.30 WIT, kondisi perairan Amutu saat itu dalam kondisi bergelombang tinggi, dan mesin long boat dilaporkan tiba- tiba mati, dan akhirnya longboat yang memuat empat penumpang itu terbalik.

Korban yang selamat saat itu yakni Ipda Sehe, Jefri Kamisofa dan Ibnu. (Adrian Kairupan/ Walhamri Wahid)

Tinggalkan Balasan