WARTA POLDA

Di Kampung Puay, Polsek Sentani Timur Gelar Sosialisasi dan Deklarasi Anti Hoax

Di Kampung Puay, Polsek Sentani Timur gelar sosialisasi dan deklarasi anti hoax, tampak warga berfoto bersama anggota Polsek Sentani Timur. (Foto : Humas Polda Papua)Di Kampung Puay, Polsek Sentani Timur gelar sosialisasi dan deklarasi anti hoax, tampak warga berfoto bersama anggota Polsek Sentani Timur. (Foto : Humas Polda Papua)

TIFAOnline, SENTANI— Untuk lebih memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang apa itu berita bohong (hoax) yang kian marak baik bentuk dan dampaknya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, maka jajaran Polsek Sentani Timur melakukan kegiatan Sosialisasi dan Deklarasi Anti Hoax di Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat (21/12/2018).

Sebagaimana release yang di kirimkan Bidang Humas Polda Papua disebutkan kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Brigpol Sagi, Bhabinkamtibmas Kampung Puay mewakili Ipda Hery Wicahya, Kapolsek Sentani Timur.

“saat ini banyak sekali informasi yang kita perolah, bukan hanya lewat media massa cetak, radio atau TV saja, dengan kecanggihan handphone, informasi apa saja dan dari mana saja bisa masuk ke kita, apalagi yang aktif di sosial media, makanya dibutuhkan kebijakan kita untuk tidak langsung telan mentah – mentah informasi yang kita terima”, kata Brigpol Sagi, Bhabinkamtibmas Kampung Puay.

Dalam kunjungannya kepada masyarakat Kampung Puay, Bhabinkamtibmas Brigpol Sagi memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan adanya berita yang belum tentu kebenarannya, serta menghimbau agar masyarakat tidak menyebarkan berita hoax, isu sara, provokasi dan ujaran kebencian.

“jangan terbiasa dapat berita heboh, langsung like ans share, pastikan informasi dimaksud di produksi oleh media yang kredibel dan terpercaya, kalau media online abal – abal, artinya di cek apakah media online misalnya ada penanggung jawabnya tidak, jelas alamat kantornya, ada badan hukumnya tidak, kalau tidak ada hal dimaksud, patut di ragukan, jadi jangan ikut – ikutan menyebarkan”, kata Brigpol Sagi lagi.

Masyarakat Kampung Puay melalui Ondoafi Kampung Puay, Yakob Fiobetauw pada kesempatan itu pula menyampaikan bahwa masyarakat Kampung Puay dengan tegas menolak berita hoax dan kami tidak akan menyebarkan segala bentuk berita sebelum kami mengetahui kebenarannya, kata Ondoafi Kampung Puay.

Kapolsek Sentani Timur Ipda Hery Wicahya melalui Bhabinkamtibmas Brigpol Sagi mengatakan pihak kepolisian akan terus melakukan himbauan kepada masyarakat sampai ke pelosok kampung agar masyarakat dapat mengerti dan memahami berita bohong (hoax) yang lagi marak di dunia maya.

“hal ini akan kami lakukan terus guna memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk tidak mempercayai berita yang belum tentu kebenarannya”, kata Brigpol Sagi.‎ (Advetorial/ Titie Adam/ R1)

Tinggalkan Balasan