HEADLINEPERISTIWA

Biak Menangis, Nehemia Wospakrik, Wakil Bupati Terpilih, Tutup Usia di Ujung Tahun

Hidup ini adalah kesempatan. Hidup ini untuk melayani Tuhan, jangan sia – siakan apa yang Tuhan berikan, Hidup ini harus jadi berkat, Tuhan pakailah hidupku selagi aku masih kuat, bila saatnya nanti ku tak berdaya lagi. Hidup ini sudah jadi berkat

Biak menangis, Nehemia Wospakrik, Wakil Bupati terpilih, tutup usia di ujung tahun, tampak istrinya Ny. Anetha Anya Kbarek di dampingi ketiga anaknya Cherry Claudia Wospakrik (sebelah kanan), Melanie Jessica Wospakrik (sebelah kiri), dan Reynold Nikolas Bastian Wospakrik (kiri ujung) terlihat lemas di depan peti jenazah Ayahnya. (Foto : Amri/ TIFAOnline)Biak menangis, Nehemia Wospakrik, Wakil Bupati terpilih, tutup usia di ujung tahun, tampak istrinya Ny. Anetha Anya Kbarek di dampingi ketiga anaknya Cherry Claudia Wospakrik (sebelah kanan), Melanie Jessica Wospakrik (sebelah kiri), dan Reynold Nikolas Bastian Wospakrik (kiri ujung) terlihat lemas di depan peti jenazah Ayahnya. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

Oleh    : Walhamri Wahid / TIFAOnline

Itulah penggalan lagu penghiburan yang di bawakan oleh kader dan pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Biak Numfor, di depan pusara Ketua-nya, Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc, yang juga adalah Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Biak Numfor Periode 2019 – 2024, yang sedianya akan dilantik pada Maret 2019 mendatang.

Dimana lagu yang berjudul Hidup Adalah Kesempatan tersebut adalah “lagu wajib” (Alm) Nehemia Wospakrik dalam setiap acara – acara internal Partai Golkar yang di nyanyikan bersama sebelum memulai acara, termasuk juga saat masa kampanye pada Pilkada Biak bulan Juni 2018 kemarin, dimana lagu tersebut selalu di nyanyikan Almarhum bersama Timses dan masyarakat sebelum memulai kampanyenya.

Sebagaimana lantunan lagu tersebut, itulah visi hidup seorang (Alm) Nehemia Wospakrik selama ini, bahkan hingga menghembuskan nafas terakhirnya, Nehemia Wospakrik yang adalah salah satu putra terbaik dari Biak Numfor itu lebih ‘dirindukan Tuhan’ dan membuktikan bahwa dirinya sudah menjadi berkat bagi orang lain.

(Plt) Bupati Biak, Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd ketika memimpin iringan jenazah menuju ke peristirahatan terakhir di TPU Yafdas, Biak. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

Sehingga Jumat (28/12/2018) kemarin, lelaki kelahiran Biak, 6 November 1963 yang dua kali menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor di periode 2004 – 2009 dan periode 2009 – 2014, serta sekali menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD di periode 2014 – 2019, dan terpilih sebagai Wakil Bupati berpasangan dengan Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd pada Pilkada Biak, Juni 2018 kemarin, harus menghembuskan nafas terakhirnya (mangkat-Red) di RSUD Biak Numfor, dengan diagnosis terkena serangan jantung.

Selama 4 hari ini seluruh warga masyarakat Kabupaten Biak menangis dan di rundung duka mendalam dengan kepergian sosok yang terkenal kebapakan, bijak, santun dan ramah, sederhana, visioner dan memiliki pengalaman serta wawasan luas dalam berbagai hal tersebut.

Dan puncak dari duka yang mendalam tersebut tumpah ruah seharian penuh, Senin (31/12/2018) hari terakhir sebelum Nehemia Wospakrik di makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Yafdas yang juga tidak jauh dari kediamannya.

Setelah dilakukan malam penghiburan selama dua hari dua malam sejak Sabtu (29/12/2018) hingga Minggu (30/12/2018), akhirnya pemakaman Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc dilakukan hari ini, Senin (31/12/2018) bertepatan dengan penutupan tahun 2018.

Sebagaimana hasil rapat keluarga, Klasis Biak Selatan dan Pemerintah Daerah, serangkaian prosesi pemakaman Wakil Bupati Biak Terpilih periode 2019 – 2024 tersebut di mulai pada pukul 09.00 WIT yang di mulai dengan Ibadah Pelepasan di rumah duka di Yafdas yang sejak dua hari sebelumnya sudah penuh dengan karangan bunga dari berbagai kalangan dan juga hilir mudik warga masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir dan menyampaikan bela sungkawa kepada sanak keluarga Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc.

Sekitar pukul 10.00 WIT jenazah di doakan dalam Ibadah Penghormatan di Gereja GKI jemaat Bethesda KBS yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dan pada pukul 12.00 WIT di lanjutkan dengan Upacara Persemayaman (Alm) Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc secara kenegaraan yang di pimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Biak Numfor, Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd yang juga adalah pasangan Bupati terpilih periode 2019 – 2024 di Gedung Wanita Biak Numfor.

Dan sekitar pukul 14.00 WIT, jenazah dengan diiringi ribuan warga masyarakat baik yang berjalan kaki, roda dua maupun menggunakan roda empat menghantarkan (Alm) Nehemia Wospakrik ke peristirahatan terakhirnya di TPU Yafdas.

Sejak upacara kenegaraan di Gedung Wanita Biak Numfor, istri Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc, Ny. Anetha Anya Kbarek terlihat tegar dan terus memberikan penguatan kepada ketiga anaknya, Cherry Claudia Wospakrik, Reynold Nikolas Bastian Wospakrik dan Melanie Jessica Wospakrik, yang seakan belum rela harus kehilangan sang Ayah, di hari yang mestinya di penuhi suasana suka cita karena baru saja merayakan Natal dan menyambut Malam Tahun Baru 2019.

Begitu peti jenazah usai di berikan penghormatan terakhir dan di usung oleh anggota Satpol PP yang di pilih sebagai pasukan pengawal jenazah hingga ke TPU keluar dari Gedung Wanita, Ny. Anetha Anya Kbarek seakan tak kuasa untuk berdiri, sehingga harus di papah kiri dan kanan mengiringi peti jenazah naik ke atas mobil ambulance.

Demikian juga kedua anak perempuannya yang sulung, Cherry Claudia Wospakrik dan si bungsu Melanie Jessica Wospakrik seakan tak mampu menahan lagi luapan dukanya, sehingga sepanjang mengiring peti jenazah menuju ke liang lahat, tak mampu berjalan sendiri dan tak henti – hentinya mempertanyakan kenapa Bapaknya pergi secepat itu, sehingga terpaksa harus di papah.

Bukan hanya pihak keluarga saja yang tak henti – hentinya meneteskan air mata, baik yang secara terang – terangan menumpahkan kesedihannya, maupun yang secara sembunyi – sembunyi mencoba menahan tidak meneteskan air mata agar terlihat tegar.

(Plt) Bupati Biak, Hery Ario Naap bersama Forkopimda, saat ibadah penghormatan terakhir di TPU Yafdas Biak. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

Bahkan saat peti jenazah di semayamkan di atas liang lahat dan sepanjang ibadah penghormatan terakhir berlangsung di TPU Yafdas Biak, (Plt) Bupati Biak, Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd yang di damping istrinya, tak kuasa membendung lagi air matanya, sehingga sepanjang prosesi ibadah ia terlihat menangis sesenggukan di depan peti jenazah.

Usai ibadah penghormatan terakhir yang di iringai sejumlah puji – pujian penghiburan bagi keluarga oleh beberapa kelompok jemaat, akhirnya acara di lanjutkan lagi dengan prosesi penurunan peti jenazah ke dalam liang lahat.

Suasana haru dan membuat seluruh masyarakat yang hadir di TPU Yafdas, Senin (31/12/2018) sekitar pukul 16.00 WIT itu tak dapat menahan tangis kembali terjadi ketika ketiga anak (Alm) Nehemia Wospakrik menangis histeris bahkan nyaris pingsan menyadari bahwa saat peti jenazah di turunkan adalah detik – detik terakhir mereka akan melihat jazad orang tua yang di kasihinya.

(Plt) Bupati Biak, Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd dan Ketua DPRD dan Forkopimda ketika menabur bunga terakhir di atas liang lahat Wakil Bupati Biak terpilih, Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

Biak menangis !, sejak prosesi penurunan peti jenazah hingga prosesi tabur bunga dan pemberian krans bunga di atas pusara Almarhum oleh beberapa pejabat – pejabat penting di lingkungan Pemda Kabupaten Biak Numfor dan juga Pemkab Supiori maupun Forkompimda, air mata duka dan mata yang berkaca – kaca mewarnai seluruh raut muka para pejabat tersebut.

Bahkan ketika giliran Yusuf Melianus Maryen, mantan Bupati Biak memberikan taburan bunga terakhir di atas peti jenazah, ia tak dapat menyembunyikan kesedihannya hingga sempat histeris dan tidak dapat mengendalikan tangisnya, sehingga butuh beberapa saat dan harus di papah untuk berdiri di sisi liang lahat menaburkan bunga terakhir.

(Plt) Bupati Biak, Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd ketika memberikan ucapan bela sungkawa kepada keluarga (Alm) Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc usai prosesi pemakaman di TPU Yafdas, Biak, Senin (31/12/2018) kemarin sore. (Foto : Amri/TIFAOnline)

Hingga keseluruhan prosesi pemakaman berakhir sekitar pukul 17.00 WIT, (Plt) Bupati Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd dan sejumlah pejabat teras Pemda Kabupaten Biak Numfor seakan enggan meninggalkan TPU Yafdas dan mereka tetap bertahan duduk – duduk di area pemakaman, sementara masyarakat dari kampung – kampung berbondong – bondong seakan tiada putus memberikan penghormatan terakhir di atas pusara (Alm) Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc di saksikan istri dan ketiga anaknya yang masih terus terisak karena di tinggal sang Ayah. (***)

Profil Singkat (Alm) Nehemia Wospakrik, SE, MM, B.Sc

Nama Lengkap         : NehemiaWospakrik, SE, B.Sc

Tempat Tgl Lahir    : Biak, 6 Nopember 1963

Nama Istri                  : Anetha Anya Kbarek

Nama Anak               : (1) Cherry Claudia Wospakrik, (2) Reynold Nikolas Bastian Wospakrik, (3) Melanie Jessica Wospakrik

Pekerjaan                  : Wakil Bupati Terpilih periode 2019 – 2024

Riwayat Pendidikan

  1. SD YPK Waroi Biak, (tamat 1977)
  2. SMP Negeri 2 Biak (tamat tahun 1982)
  3. SMEA YPK Biak, (tamat tahun 1985)
  4. Akademi Ilmu Sekretaris dan Management (ASMI) Jakarta, Program Study : Mgt. Akuntansi, (tamat tahun 1992)
  5. STIE Kampus Ungu Jakarta, Program Study : Manajemen Keuangan dan Pembelanjaan, (tamat tahun 1998)
  6. S2 Universitas Cenderawasih, Program Magister Manajemen

Pengalaman Organisasi

  1. Tahun 1989, Ketua Senat Mahasiswa ASMI Jakarta
  2. Tahun 1990, Sekjen Pengurus Daerah Persatuan Hockey Seluruh Indonesia DKI Jakarta
  3. Tahun 1992, Pendiri dan Sekretaris Ikatan Mahasiswa Irian Jaya (IMIJA) DKI Jakarta
  4. Tahun 1999 – 2004, Wakil Sekjen Pengurus Besar Persatuan Hockey Seluruh Indonesia (PB. PHSI )
  5. Tahun 2010 – 2015, Sekretaris DPD Partai Golongan Karya Kabupaten Biak Numfor
  6. Tahun 2009 – 2014, Sekretaris Umum Pengurus Daerah Persatuan Hockey Seluruh Indonesia Provinsi Papua
  7. Tahun 2009 – 2014, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Biak Numfor
  8. Tahun 2009 – 2014, Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANT) Kabupaten Biak Numfor
  9. Tahun 2009 – 2014, Ketua Harian PSBS Biak
  10. Tahun 2009, Ketua Panitia Reat Ret dan Konven Pendeta Se-TanaH Papua
  11. Tahun 2009, Ketua Umum Panitia Natal Pemda, TNI, POLRI, dan Masyarakat Kabupaten Biak Numfor
  12. Tahun 2012, Ketua Panitia Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Papua
  13. Tahun 2012 – sekarang, Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Samber (IKABER) Se-Tanah Papua
  14. Ketua DPD Golkar Kabupaten Biak Numfor – sekarang

Pengalaman Kerja

  1. Tahun 1985 – 1989, PT. Kebun Bunga Jakarta sebagai Supervisor
  2. Tahun 1989, PT. Asuransi Bumi Putra Jakarta sebagai Agent
  3. Tahun 1990 – 1999, asmi Jakarta sebagai Kasub Akuntansi/Keuangan dan Dosen
  4. Tahun 1999 – 2004, menjabat sebagai : Maneger Umum dan Personalia serta jabatan terakhir sebagai Vice General Manager pada PT. Biak Mina Jaya, : Direktur Utama PT. Kanrona Mina Sejahtera, Direktur Utama PT. Arsam Mina Pasifik. KepalaCabang PT. Aru Samudra Lestari, Vice General Manager PT. Budhi Segar Lines
  5. Tahun 2004 – 2009, 2009 – 2014, Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor (dua periode)
  6. Tahun 2014 – 2019, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor
  7. Wakil Bupati Terpilih di Pilkada Tahun 2018

Tanda Penghargaan

  1. Tahun 1989, Diploma Sea Games XV Kuala Lumpur sebagai Juara III Tim Hockey Putra Indonesia
  2. Tahun 1990, Piagam Penghargaan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara Republik Indonesia di Jakarta
  3. Tahun 1991, Piagam Penghargaan Gubernur DKI Jakarta
  4. Tahun 1993, Piagam Penghargaan sebagai Pelatih Tim Hockey Indonesia pada Sea Games ke – XVII Singapore
  5. Tahun 2003, Piagam Penghargaan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
  6. Tahun 2010, Piagam Penghargaan Ketua Umum PSSI
  7. Tahun 2011, Piagam Penghargaan dari International Technology Cooperation Center ( ITCC ) Republik Korea Selatan
  8. Tahun 2013, Piagam Penghargaan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia
  9. Berbagai Sertifikat Diklat, Workshop dan Bintek

Tinggalkan Balasan