PERISTIWA

Longsor, Ruas Jalan Depapre – Sentani Tertutup, Ini Yang Dilakukan Polsek dan Koramil Depapre

Longsor, ruas jalan Depapre – Sentani tertutup, ini yang dilakukan Polsek dan Koramil Depapre, tampak anggota Polsek, Koramil dan warga ketika membersihkan material longsoran dari badan jalan. (Foto : Humas Polda Papua)Longsor, ruas jalan Depapre – Sentani tertutup, ini yang dilakukan Polsek dan Koramil Depapre, tampak anggota Polsek, Koramil dan warga ketika membersihkan material longsoran dari badan jalan. (Foto : Humas Polda Papua)

TIFAOnline, SENTANI— Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jayapura dalam beberapa hari di awal tahun ini, khususnya di Distrik Depapre mengakibatkan sejumlah infrastruktur jalan terhalang oleh longsoran tanah, dan bebatuan yang longsor, seperti yang terjadi di ruas jalan Depapre – Sentani, tepatnya memasuki tikungan tanjakan Gunung Depapre.

Akibat longsoran jalan tersebut sehingga arus kendaraan menjadi terhambat, karena seluruh badan jalan terendam material longsoran, kendaraan bisa lewat, tetapi kondisinya sangat licin dan beresiko terjadi kecelakaan.

“jadi kemarin itu sempat terjadi kemacetan yang panjang, mengetahui kondisi tersebut, kami dari jajaran Polsek Depapre mengambil langkah untuk mengatur arus lalu lintas dari dua arah dan juga sekaligus beberapa anggota bahu membahu dengan anggota Koramil juga membersihkan material jalan dari badan jalan”, kata Ipda Usrianto, SE, Kapolsek Depapre dalam release yang diterima TIFAOnline dari Bidang Humas Polda Papua, Jumat (4/1/2018) malam.

Sebagaimana release yang diterima dari Bidang Humas Polda Papua disebutkan bahwa karena hujan deras beberapa hari, sehingga ruas jalan Depapre – Sentani dipenuhi dengan material longsoran dari Gunung Depapre sehingga menghalangi arus lalu lintas yang menyebabkan kemacetan di dua sisi yang panjang, Jumat (4/1/2019) pagi.

Menyikapi kondisi itu, anggota Polsek Depapre bersama Koramil Depapre dan masyarakat setempat yang dipimpin Kapolsek Depapre Ipda Usrianto, SE mendatangi lokasi kemudian melakukan pembersihan dengan alat seadanya untuk menghindari kemacetan arus lalulintas.

Kapolsek Depapre Ipda Usrianto, SE mengatakan setelah mendapat informasi adanya terjadi longsor maka anggota Polsek Depapre kangsung merespon dan mendatangi lokasi longsor, melihat banyaknya material longsoran yang menutupi badan jalan sehingga arus lalulintas menjadi lumpuh total.

“anggota kami (Polsek Depapre-Red) bersama-sama dengan anggota Koramil Depapre dan di bantu oleh warga sekitar menggunakan alat seadanya langsung membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan karena apabila akses arus lintas Depapre – Sentani dan sebaliknya menjadi putus maka dapat berdampak pada beberapa faktor salah satunya faktor perekonomian oleh sebab itu kami secara bersama-sama langsung bertindak membersihakn material longsor yang menutupi badan jalan agar tidak berdampak pada yang lainnya”, kata Ipda Usrianto lagi.

Untuk itu Kapolsek menghimbau kepada warga masyarakat apabila terjadi hujan deras maka warga pengguna jalan agar berhati – hati apalagi jika cuaca tidak bersahabat dan saat ini sedang musim hujan. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan