SOSIAL KEMASYARAKATAN

Ibadah di GPI Anugerah Bucen VII, Kapolda Ajak Jemaat Peduli Masalah Sosial Kemanusiaan di Papua

Ibadah di GPI Anugerah Bucen VII, Kapolda ajak jemaat peduli masalah sosial kemanusiaan di Papua, tampak Kapolda Papua, Irjen (Pol) Martuani Sormin bersalaman dengan pendeta dan jemaat usai ibadah. (Foto : Humas Polda Papua)Ibadah di GPI Anugerah Bucen VII, Kapolda ajak jemaat peduli masalah sosial kemanusiaan di Papua, tampak Kapolda Papua, Irjen (Pol) Martuani Sormin bersalaman dengan pendeta dan jemaat usai ibadah. (Foto : Humas Polda Papua)

TIFAOnline, JAYAPURA— Kapolda Papua, Irjen (Pol) Drs. Martuani Sormin, M.Si mengungapkan keprihatinannya melihat beberapa masalah sosial yang masih sering ia temukan di seantero Tanah Papua, dimana miras menjadi salah satu akar masalahnya.

Sebagaimana release dari Bidang Humas Polda Papua, hal tersebut di sampaikan Kapolda Papua ketika memberikan sambutan di gereja Gereja Protestan Indonesia (GPI) di Tanah Papua Klasis Jayapura, Jemaat Anugrah Jalan Raya Abepura, Bucen VII Entrop usai mengikuti ibadah minggu bersama istrinya di gereja tersebut, Minggu (6/1/2019).

“kurang lebih enam bulan saya bertugas di Provinsi Papua ini, banyak hal yang telah saya lihat, saya rasakan, dan saya dengar serta alami, tapi ada pemandangan yang selalu mengusik saya apalagi pas hari minggu, sering kali saya temukan di pinggir kota, di emperan toko, beberapa pemuda bahkan anak – anak tergeletak tak sadarkan diri karena akibat dari mabuk – mabukan”, kata Irjen (Pol) Drs. Martuani Sormin, M.Si menyampaikan keprihatinannya.

Untuk itu ia mengajak kepada pendeta dan seluruh jemaat Anugerah gereja GPI untuk sama – sama ikut peduli bagaimana membina dan mengarahkan anak – anak muda baik dalam keluarga masing – masing jemaat maupun di lingkungan sekitar, agar bisa meninggalkan hal – hal negative yang merugikan dan merusak masa depan generasi Papua.

Selama bertugas di Papua berbagai macam persoalan sosial dan kemanusiaan yang sudah ia hadapi dalam tugas pelayanan sebagai Kapolda Papua, sehingga ia berharap umat kristiani juga harus menunjukkan kepeduliannya untuk mendorong dan memberikan semangat agar anak – anak asli Papua bisa lepas dari hal – hal negative, dan pengaruh buruk dan bisa bangkit mengejar ketertinggalan mereka.

“selama bertugas disini, saya banyak belajar tentang arti kemanusiaan, sama seperti kasus di Nduga kemarin, makanya kita di tuntut untuk memiliki kepedulian yang tinggi bagi sesama, di mulai dari lingkungan kita dahulu”, kata Irjen (Pol) Drs. Martuani Sormin, M.Si lagi.

Ia berharap umat gereja harus ikut memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik agar perlaku negative yang merugikan sendiri bisa makin di kurangi, mulai dari mabuk – mabukan, berkelahi, KDRT, juga termasuk pemalangan, apalagi bila yang di palang adalah sekolah, karena sekolah adalah tempat memberikan pelajaran dan pendidikan bagi generasi Papua.

Ibadah hari minggu di gereja GPI di Tanah Papua Klasis Jayapura, Jemaat Anugerah Bucen VII Entrop yang di hadiri Kapolda Papua bersama istri, Minggu (6/1/2019) di mulai pukul 09.00 WIT hingga selesai yang dipimpin oleh Pdt. Yosef Jony Hehanussa S.Pi, S.Si dan di hadiri oleh para majelis serta jemaat gereja GPI Anugrah bucen VII Entrop.

Pdt. Jhon Leleuli, Ketua Klasis GPI Papua dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kapolda Papua yang sudah mau menyempatkan waktu untuk ikut beribadah bersama – sama dengan warga jemaat di Gereja Anugerah Bucen VII.

“Kami para jemaat turut serta mendoakan dan membantu demi kelancaran tugas – tugas kepolisian khususnya agenda nasional yaitu Pileg dan Pilpres 2019”, kata Pdt. Jhon Leleuli. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan