HEADLINETANAH PAPUA

Apel Awal Tahun, Ini Strategi dan Jurus Hery Ario Naap Benahi Biak Numfor

Apel awal tahun, ini strategi dan jurus Hery Ario Naap benahi Biak Numfor, tampak (Plt) Bupati usai memimpin apel awal tahun 2019 ASN se- Kabupaten Biak Numfor di Lapangan Cenderawasih. (Foto : Amri/ TIFAOnline)Apel awal tahun, ini strategi dan jurus Hery Ario Naap benahi Biak Numfor, tampak (Plt) Bupati usai memimpin apel awal tahun 2019 ASN se- Kabupaten Biak Numfor di Lapangan Cenderawasih. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

TIFAOnline, BIAK— Mengawali tahun 2019, bertempat di Lapangan Cenderawasih Biak Numfor, (Plt) Bupati Biak Numfor, Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd mengajak seluruh pejabat eselon II, III dam IV beserta seluruh staff di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor untuk bahu – membahu dan bersama – sama membenahi dan mengatasi sejumlah persoalan daerah yang ada saat ini di Biak Numfor.

“saya harap bapak / ibu semua sama – sama dengan saya utuk pikul beban yang ada saat ini, ibaratnya ini beban yang ada di Kabupaten Biak saat ini seperti sebuah kayu balok ukuran 10m x 10m, kalau saya pikul sendiri tentu saya tidak sanggup tapi kalau kita pikul sama – sama, maka beban itu jadi ringan, saya yakin kita bisa keluar dari persoalan daerah yang ada saat ini”, kata (Plt) Bupati Biak, Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd dalam sambutannya ketika memimpin Apel ASN se- Kabupaten Biak mengawali hari pertama kerja di tahun 2019, Senin (7/1/2018).

Menurutnya saat ini, walaupun berbagai persoalan, banyak keluhan, tapi sebagai (Plt) Bupati dirinya selalu mencari solusi, berpikir stategi apa yang harus dilakukan, untuk itu ia berharap kepada Sekda, seluruh Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD beserta seluruh staff lebih solid lagi bekerja untuk rakyat dan bersama – sama membawa Kabupaten Biak Numfor keluar dari persoalan yang ada saat ini.

“Bapak / Ibu saya lantik untuk jadi pejabat Eselon II untuk membantu saya membawa Biak keluar dari persoalan yang kita hadapi, jadi kalau Bapak / Ibu tidak bisa membantu saya bawa Biak keluar dari persoalan yang ada saya pasti akan ganti Bapak / Ibu”, kata Hery Ario Naap, S.Si, M.Pd mengingatkan seluruh pejabat, dan pimpinan OPD termasuk juga Kadistrik, Lurah dan Kepala Sekolah beserta staff di lingkungan Pemda Biak Numfor yang hadir dalam apel pagi kemarin.

Menurutnya yang akan menjadi program prioritasnya di tahun 2019 adalah bagaimana membenahi system pengelolaan keuangan daerah yang defisit, sehingga menyebabkan banyak kewajiban – kewajiban Pemda Biak Numfor yang belum terselesaikan baik kepada pihak ketiga maupun hak – hak dan insentif para ASN.

“Saya mewakili Pemda menyadari dengan kondisi Kabupaten Biak hari ini membuat banyak hak – hak pegawai yang belum di selesaikan, dan saya serius berkomitmen untuk memulihkan kondisi keuangan yang ada di Kabupaten Biak Numfor”, tegas (Plt) Bupati Biak lagi.

Untuk itu ia mengajak seluruh pejabat yang ada di Pemkab Biak Numfor untuk selalu berpikir inovatif, mencari terobosan dan merancang berbagai program agar Kabupaten Biak Numfor bisa keluar dari persoalan yang ada saat ini.

Dimana salah satu terobosan yang telah pihaknya lakukan adalah dalam hal penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Biak Numfor Tahun 2019 yang telah di sahkan di penghujung tahun 2018 lalu yang menganut system surplus berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya di mana APBD Kabupaten Biak Numfor selalu menanut system defisit.

“Berkat kerja keras pimpinan OPD dan DPRD kita telah merancang APBD Kabupaten Biak Numfor Tahun 2019 agar hingga akhir tahun mendatang APBD Biak tidak lagi defisit, tapi kita harus surplus, artinya APBD 2019 tidak menganut system defisit, tetapi menganut system surplus, karena beberapa tahun ini APBD Biak selalu defisit, susun sampai akhir defisit, atas semangat dan dukungan OPD yang ada kita berupaya meramu program dan kita sisihkan untuk menyelesaikan hutang – hutang daerah, agar Anggaraan 2019 tidak lagi defisit, tetapi harus surplus”, kata (Plt) Bupati Biak yang di sambut tepuk tangan optimis seluruh ASN yang mengikuti apel pagi.

Bupati berharap dengan penyusunan APBD yang menganut system surplus tersebut, diharapkan Pemda Kabupaten Biak mampu membayar hutang – hutang daerah yang ada baik kepada pihak ketiga maupun terhadap pelayanan public terhadap masyarakat di lingkungan Pemda Biak  Numfor.

“saya butuh dukungan doa dan keja sama dari seluah staff ASN di Pemkab untuk membenahi system keuangan yang ada di pemkab Biak Numfor agar keuangan kita bisa kembali stabil dan menggunakannya dengan baik”, kata Hery Ario Naap, (Plt) Bupati Biak yang juga adalah Bupati Terpilih Periode 2019 – 2024 yang baru akan dilantik pada Maret 2019 mendatang. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan