HEADLINEPILEG

Dongkrak Partisipasi Pemilih, KPU Keerom Rekrutmen Relawan Demokrasi, Ada Insentifnya Loh !

Dapat honor Rp. 750.000 per bulan, seragam, atribut, id card, rompi, topi, dan sertifikat sebagai Relawan Demokrasi

Dongkrak partisipasi pemilih, KPU Keerom rekrutmen relawan demokrasi, ada insentifnya loh !, Erend Solossa, Koordinator Diviis Teknis KPU Keerom saat memberikan keterangan pers. (Foto : Amri/TIFAOnline)Dongkrak partisipasi pemilih, KPU Keerom rekrutmen relawan demokrasi, ada insentifnya loh !, Erend Solossa, Koordinator Diviis Teknis KPU Keerom saat memberikan keterangan pers. (Foto : Amri/TIFAOnline)

TIFAOnline, KEEROM— Belajar dari tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur Papua 2018 lalu yang di bawah 80%, dan juga sesuai dengan Surat Edaran dari KPU RI tentang pembentukan Relawan Demokrasi, maka sejak Senin (21/1/2019) lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Keerom telah membuka pendaftaran Relawan Demokrasi untuk 11 Distrik yang ada di Kabupaten Keerom.

“kita sudah buka pendaftaran sejak hari ini, targetnya 55 orang, dimana diharapkan ada perwakilan distrik, minimal per distrik ada 5 orang relawan, pendaftaran di tutup hari Rabu, dan Kamisnya kita akan lakukan tes wawancara”, kata Erends Solossa, Koordinator Divisi Teknis KPU Keerom di dampingi Ketua KPU Keerom, Korneles Watkaat dan Frengki Tiwe, Koordinator Divisi Sosialisasi di ruang kerja Ketua KPU Keerom, Senin (21/1/2019) kemarin.

Menurutnya Relawan Demokrasi ini nantinya bertugas membantu mensosialisasikan dan mengajak masyarakat pemilih untuk lebih pro aktif dan terlibat dalam Pemilu serentak 2019.

“ada 5 basis atau segmen pemilih yang akan di garap oleh para Relawan Demokrasi ini, yaitu basis pemilih keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, kebutuhan khusus, kaum marginal, keagamaan dan warganet”, kata Erend Solossa lagi.

Adapun persyaratan untuk jadi Relawan Demokrasi adalah memiliki KTP Keerom, pendidikan minimal SLTA, sedangkan untuk basis pemilih pemula dan pemilih muda usia minimal 17 – 25 tahun.

Tugas mereka nanti adalah memberikan pemahaman kepada pemilih agar tumbuh kesadaran pemilih akan pentingnya menggunakan hak pilih, jadi mereka secara sukarela memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya ikut mencoblos pada 17 April 2019 mendatang.

“Untuk oeprasional akan diberikan insentif sebesar Rp. 750.000/ bulan, juga dapat seragam, atribut, rompi, topi, id card, dan setelah kegiatan selesai akan dapat sertifikat”, kata Koordinator Divisi Teknis KPU Keerom lagi.

KPU Keerom berharap dengan adanya Relawan Demokrasi terjadi peningkatan partisipasi pemilih dan tercapai pemilu yang berkualitas.

“dengan adanya relawan ini kita berharap partisipasi pemilu yang rendah pada Pilgub tidak terjadi lagi, tahun ini harus di atas 80 %.”, kata Erend Solossa. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan