EDUKASI PEMILIHHEADLINE

Warga Tidak Punya e-KTP Tidak Bisa Nyoblos, KPU Keerom Minta Dukcapil Genjot Perekaman & Pencetakan e-KTP

Warga tidak punya e-KTP tidak bisa nyoblos, KPU Keerom minta Dukcapil genjot perekaman & pencetakan e-KTP, tampak Ketua KPU Keerom, Korneles Watkaat. (Foto : Amri/ TIFAOnline)Warga tidak punya e-KTP tidak bisa nyoblos, KPU Keerom minta Dukcapil genjot perekaman & pencetakan e-KTP, tampak Ketua KPU Keerom, Korneles Watkaat. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

TIFAOnline, KEEROM—Sesuai ketentuan Undang – Undang Pemilu bagi warga masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik (e-KTP) dipastikan tidak dapat menggunakan hak pilihnya, karena itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Keerom berharap di sisa waktu yang ada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Keerom bisa menggenjot perekaman dan juga pencetakan e-KTP, agar tidak ada warga masyarakat yang kehilangan hak pilihnya.

Hal tersebut ditegaskan Ketua KPU Kabupaten Keerom, Korneles Watkaat di damping dua komisioner KPU Keerom lainnya, Frengky Tiwe dan Erend Solossa kepada TIFAOnline di ruang kerjanya di Jalan Raya Swakarsa, Kabupaten Keerom, Senin (21/1/2019) kemarin.

“saat ini Daftar Pemiluh Tetap (DPT) yang sudah final 53.241 pemilih, itu belu termasuk ada DPT Tambahan atau DPT khusus, karena pengalaman dari Pemilu ke Pemilu itu bisa saja terjadi penambahan”, kata Korneles Watkaat.

Menurutnya apabila nanti saat 17 April 2019 pencoblosan, ada warga masyarakat yang memiliki e-KTP namun namanya tidak terdaftar dalam DPT yang sudah ada tetap bisa memilih dan gunakan hak pilihnya, sepanjang memeprlihatkan e-KTP asli.

“tetap bisa memilih walau tidak ada nama di DPT, bisa jadi karena mereka perekaman yang belakangan, nanti akan di akomodir di KPPS setelah pukul 12.00 WIT, setelah semua selesai akan diberikan waktu untuk pemilik e-KTP yang tidak ada nama di DPT”, kata Ketua KPU Keerom.

Terkait tahapan Pemilu 2019 yang sudah di jalankan oleh KPU Keerom menurutnya saat ini semua tahapan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“kita sudah lakukan tahapan LPSDK dan sudah selesai, juga sudah melakukan rekrutmen dan pelantikan PPK tambahan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK), dimana dulunya anggota penyelenggara hanya 3 orang sekarang jadi 5 orang, pelantikan kita pada 10 Januari 2019 kemarin, dan saat ini kita tengah tahapan rekrutmen Relawan Demokrasi”, katanya.

Sedangkan jumlah DPT yang telah di sahkan untuk Kabupaten Keerom adalah sebanyak 53.241 DPT yang tersebar di 11 Distrik pada 91 kampung.

“untuk jumlah TPS ada 117 TPS, jadi ada satu kampung yang punya TPS dua sampai tiga, ada juga yang satu kampung satu TPS, tergantung jumlah penduduknya”, kata Korneles Watkaat. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan