EDUKASI PEMILIHHEADLINE

Usai Dilantik, 55 Relawan Demokrasi KPU Keerom Langsung Ikuti Pembekalan Sehari

Usai dilantik, 55 Relawan Demokrasi KPU Keerom langsung ikuti pembekalan sehari, tampak Immawan Margono, Komisioner KPU Keerom Bidang Hukum ketika memberikan pembekalan. (Foto : ist/ TIFAOnline)Usai dilantik, 55 Relawan Demokrasi KPU Keerom langsung ikuti pembekalan sehari, tampak Immawan Margono, Komisioner KPU Keerom Bidang Hukum ketika memberikan pembekalan. (Foto : ist/ TIFAOnline)

TIFAOnline, KEEROM— Bertempat di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Keerom, Sabtu (2/2/2019) dilakukan pelantikan 55 Relawan Demokrasi hasil rekrutmen selama sepekan lalu.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Keerom, Korneles Watkaat, di dampingi dua komisioner KPU Keerom lainnya, Frengky Tiwe dan Erend Solossa.

“kami berharap setelah pelantikan hari ini ade – ade sekalian bisa langsung turun ke masyarakat untuk menjadi corong bagi KPU untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar kepada warga masyarakat agar mereka sadar akan hak pilihnya dan mau menggunakan hak pilih mereka demi suksesnya Pemilu serentak 2019 ini”, kata Korneles Watkaat dalam sambutannya usai melantik 55 Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Keerom di Aula Kantor Bappeda Keerom, Sabtu (2/2/2019).

55 Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Keerom ketika di lantik di Aula kantor Bappeda Keerom, Sabtu (2/2/2019). (Foto : ist/ TIFAOnline)

Usai pelantikan di lanjutkan dengan pembekalan materi kepada para Relawan Demokrasi yang disampaikan oleh Immawan Margono, Kordinator Divisi Hukum KPU Kabupaten Keerom.

“jadi yang kita berikan kepada mereka diantaranya tentang tahapan Pemilu, Program dan Jadwal, juga soal hak dan kewajiban pemilih dalam pemilu yang kesemuanya itu bertujuan agar para Relawan Demokrasi ini memiliki pengetahuan yang cukup dan bisa mensosialisasikan dengan baik, dan diharapkan ada peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu tahun ini”, kata Immawan Margono ketika di wawancara TIFAOnline via pesan WhatsApp Sabtu (2/2/2019) malam.

Lebih lanjut di tambahkan oleh Immawan Margono, bahwa pengangkatan 55 orang sebagai Relawan Demokrasi KPU Kabupaten Keerom tersebut sesuai dengan SK KPU Kabupaten Keerom Nomor : 36/PP.08-Kpt/9111/KPU-Kab/I/2019 tertanggal 29 Januari 2019.

“mereka terbagi dalam 10 basis pemilih, yakni keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih marginal, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih komunitas, pemilih keagamaan, dan warga internet (netizen)”, kata Margono lagi.

Menurutnya meski pembekalan hanya sehari, namun pihaknya yakin bahwa 55 orang yang di pilih sebagai Relawan Demokrasi mampu melaksanakan tugas dengan baik dan aktif dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“mereka sudah melaui tahapan seleksi administrasi, juga ada wawancara, jadi pengetahuan mereka tentang kepemiluan sudah adalah, sehingga kita tinggal perdalam saja, mereka ini nantinya akan menjadi ujung tombak KPU Keerom untuk menjangkau para pemilih sesuai basis – basis tadi, kita berharap Pemilu kali ini angka partisipasi pemilih naik bila dibandingkan Pilgub sebelumnya”, kata Immawan Margono. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan