HEADLINEPOLITIK LOKAL

PSI Target Satu Fraksi di DPRD Kota Jayapura

PSI Target Satu Fraksi di DPRD Kota Jayapura, Baharuddin, Ketua Bappilu DPD PSI Kota Jayapura. (Foto : ist/ TIFAOnline)PSI Target Satu Fraksi di DPRD Kota Jayapura, Baharuddin, Ketua Bappilu DPDC PSI Kota Jayapura. (Foto : ist/ TIFAOnline)

TIFAOnline, JAYAPURA— Meski sebagai pendatang baru di jagat politik Kota Jayapura, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) optimis bisa mencuri suara dan meyakinkan pemilih Kota Jayapura untuk memberikan dukungan kepada partai yang di motori anak muda tersebut.

“sejak awal berdiri, PSI sering dipandang sebelah mata oleh partai lain dan awalnya dianggap tidak akan lolos verifikasi sebagai partai peserta Pemilu 2019, namun hal tersebut terpatahkan dengan kerja keras PSI yang terbukti lolos dan bisa jadi kontestan dalam Pemilu ini, kita adalah generasi optimis, kita satu-satunya obat yang akan membuat mereka (partai lain) terbelalak”, kata Baharuddin, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PSI Kota Jayapura dalam releasenya ke TIFAOnline, Jumat, (15/3/2019).

Tidak tanggung – tanggung PSI Kota Jayapura menargetkan bisa membentuk 1 fraksi sendiri di DPRD Kota Jayapura dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“kader dan caleg kita terus bergerak turun lapangan, kerja keras door to door agar PSI bisa lolos Parliamentary Treshold secara nasional dan mendudukkan 1 wakil kita di DPR RI atas nama Fadhal Sayid Alhamid, demikian juga di DPRP, dan untuk Kota Jayapura kita optimis bisa bentuk 1 fraksi, 4 kursi maksimal 6 kursi, jadi kami target 1 Dapil harus 1 kursi bahkan ada yang lebih”, kata Ketua Bappilu PSI Kota Jayapura mantap.

Menurutnya meski bisa dikatakan beberapa nama caleg yang di pasang di tiap dapil adalah ‘orang baru” di dunia politik, tetapi menurutnya justru itu adalah kekuatan dan kelebihan PSI di banding partai politik lainnya.

“justru sebagai generasi milenial yang paham politik, itulah kekuatan kita, karena kami menawarkan sesuatu yang mash natural, masih terjaga kemurnian perjuangan kami, sehingga itu yang akan kami jual dan akan kita pertahankan bila duduk di parlemen kelak, kita akan mengetuk pintu demi pintu, mengetuk hati masyarakat Kota Jayapura untuk memastikan bahwa DPRD Kota ke depan perlu di isi oleh anak – anak muda”, tegas Baharuddin yang juga maju sebagai caleg dari Dapil Jayapura Selatan Nomor urut 10 itu.

Menurutnya secara internal, PSI Kota Jayapura sudah melakukan pemetaan berbasis data demografi pemilih Kota Jayapura, sehingga penempatan caleg di tiap Dapil sudah memperhitungkan kekuatan dan basis dari masing – masing caleg.

“kalau soal strategi, pasti adalah, itu rahasia dapur, tetapi sesuai jargon kita, Sama – Sama Bangun Bangsa, Sama – Sama Bangun Kota Jayapura, kita ingin menyampaikan ke publik bahwa salah satu pendekatan yang kami gunakan bahwasanya untuk bangun bangsa maupun Kota Jayapura kita harus bersama – sama”, kata Baharuddin.

Menurutnya kader dan caleg PSI yang maju saat ini adalah anak muda yang idealis tetapi tetap realistis, melihat masyarakat dan publik pemilih bukan sebagai obyek untuk mendulang suara saja, tetapi dengan melakukan edukasi politik, membuka kesadaran publik, bahwa untuk melakukan perubahan kita harus membangun komitmen bersama – sama.

“tujuan kami ke DPRD bukan hanya soal kursi, tapi bagaimana kita lakukan edukasi politik ke public, bahwa politik adalah salah satu alat untuk melakukan perubahan secara bersama – sama, kita harus sama – sama pintar dan cerdas, sama – sama sejahtera, sehingga keadilan dan kesejahteraan itu terasa bagi semua secara bersama – sama pula”, tegasnya lagi.

Menurutnya lagi dengan edukasi politik yang berkesinambungan, ada goal jangka panjang yang ingin dicapai PSI, karena dengan tumbuhnya kesadaran politik yang baik, pemilih yang cerdas, maka urusan pembangunan daerah juga menjadi pekerjaan rumah bersama – sama.

“lewat edukasi politik kita ingin rakyat paham tentang politik baik dilihat dari fungsi atau manfaat, cara atau tata laksana serta implementasinya kepada masyarakat penerima kebijakan yang dihasilkan dari kerja politik, karena selama ini masyarakat terlalu sering dimanfaatkan oleh kepentingan elite politik yang berkuasa sehingga yang terjadi, masyarakat hanya menjadi penonton, sementara keinginan dan aspirasi mereka tidak pernah tercapai”, tegasnya lagi.

Ia meyakini lewat kerja – kerja politik yang terus gencar dilakukan kader muda dari PSI Kota Jayapura, pelan tapi pasti masyarakat bisa melek politik dan tidak mudah tergoda untuk “menjual” suaranya, untuk kehidupan 5 tahun ke depan. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan