HEADLINESOSIAL KEMASYARAKATAN

Relawan Garuda Jayapura Bergerak Bantu Bersihkan Rumah Korban Banjir Bandang Sentani

Relawan Garuda Jayapura bergerak bantu bersihkan rumah korban banjir bandang Sentani, tampak Ketua-nya Rusli Ramadhan (baju putih) saat membantu salah satu rumah di BTN Graha Bintang Timur. (Foto : Amri/ TIFAOnline)Relawan Garuda Jayapura bergerak bantu bersihkan rumah korban banjir bandang Sentani, tampak Ketua-nya Rusli Ramadhan (baju putih) saat membantu salah satu rumah di BTN Graha Bintang Timur. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

TIFAOnline, SENTANI— Pasca bencana banjir bandang yang terjadi di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura dan sekitarnya yang menyisakan timbunan pasir dan lumpur serta berbagai macam material dari pegunungan lainnya, memanggil Relawan Garuda Jayapura untuk ikut ambil bagian meringankan derita para korban.

“sejak dini hari kita sudah turunkan teman – teman memantau di lokasi masing – masing, apa yang bisa kita bantu, makanya pagi sekitar pukul 08.00 WIT kita turunkan tim relawan, dan sejumlah bantuan bama, jadi kegiatan kita saat ini lebih focus pada membantu para korban menyelamatkan barang – barang mereka dari dalam rumah yang tertimbun pasir dan lumpur”, kata Rusli Ramadhan, Ketua Relawan Garuda Jayapura yang adalah pendukung Capres nomor urut 02 saat di temui di lokasi bencana di BTN Graha Bintang Timur, Minggu (17/3/2019) pukul 09.00 WIT.

Menurutnya setelah air surut, banyak para korban yang tampak shock dan tidak ada daya untuk membersihkan rumah mereka, sehingga pihaknya berinisiatif menggunakan peralatan seadanya untuk membantu beberapa rumah yang kondisinya paling parah.

“tentu kita tidak bisa bantu semua yah, kita lihat rumah mana yang paling parah kondisinya, dan kelihatan tidak ada kerabat atau keluarga yang membantu mereka itu yang jadi target kami”, kata Rusli Ramadhan yang ikut membantu bersama anak buahnya yang mengunakan kostum kaos berwarna biru muda bertuliskan nomor urut 02 itu.

Saat ini Relawan Garuda Jayapura beranggotakan sekitar 400 orang relawan, dan untuk ikut membantu korban bencana banjir bandang di bagi dalam 2 kelompok.

“kami ada dua kelompok yang satu di sini di BTN Graha Bintang Timur, satunya lagi ada di BTN Sosial, tiap kelompok beranggotakan 30 orang, anggota lainnya juga kami ada bagi tugas untuk menggalang dana bantuan untuk korban, jadi kita bagi tugas”, kata Rusli Ramadhan lagi.

Menurutnya apa yang mereka lakukan tidak ada tendensi apa – apa, murni karena panggilan hati sebagai sesama manusia, dan bentuk kepedulian mereka.

“tidak ada agenda politik yah, ini aksi sosial, kalaupun kami menggunakan symbol capres nomor urut 02, itu hanya sebagai penanda saja bahwa kami ini siapa, karena soal pilihan itu semua kembali ke rakyat toh, buktinya tadi kami ada bantu warga yang dalam rumahnya banyak stiker dan kalender PDI-Perjuangan”, jelas Rusli lagi. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan