HEADLINEHUKUM & HAM

Tiga Hari Kerja, 6 Ekor Tim K9 Mampu Temukan 20 Mayat di Lokasi Banjir

Tiga hari kerja, 6 ekor Tim K9 mampu temukan 20 mayat di lokasi banjir, tampak Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Makbon, SH, SIK, MH, M.Si. (Foto : Amri/ TIFAOnline)Tiga hari kerja, 6 ekor Tim K9 mampu temukan 20 mayat di lokasi banjir, tampak Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Makbon, SH, SIK, MH, M.Si. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

TIFAOnline, SENTANI— Sejak di turunkan tiga hari lalu, Tim K9, sebutan atau kode internasional untuk Tim Anjing Pelacak sudah berhasil mengidentifikasi keberadaan para korban, sehingga sangat membantu proses evakuasi korban oleh Tim Gabungan TNI/Polri dan Basarnas.

‘kami ada mendapat bantuan 6 ekor K9, 2 ekor dari Polda Papua, dan 4 ekor lagi dari Baharkam Mabes Polri, Tim K9 ini sangat efektif dalam mengendus keberadaan korban di bawah timbunan pasir dan lumpur maupun di bawah reruntuhan, dua hari kerja, sudah mampu menemukan 20 korban banjir”, kata AKBP Victor Dean Mackbon, SH, SIK, MH, M.Si, saat di temui TIFAOnline di Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir Bandang Sentani di Kantor Bupati Gunung Merah Sentani, Kamis (21/3/2019).

Sebagaimana release Bidang Humas Polda Papua sebelmnya, bahwasanya untuk mempercepat proses pencarian dan evakuasi para korban Tim Gabungan TNI/Polri dan Basarnas melibatkan Tim K9 sejak Rabu (19/3/2019).

K-9 tersebut ditempatkan di titik-titik yang diperkirkan masih terdapat korban yang belum ditemukan, karena  banyak material kayu dan lumpur sehingga diharapkan dengan bantuan K-9 tersebut dapat mempercepat proses pencarian terhadap korban yang belum ditemukan.

Selain melakukan pencarian terhadap korban jiwa, Tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Basarnas dan masyarakat masih melakukan pembersihan di beberapa titik yang terdampak banjir bandang yakni Jalan Sosial, Kemiri dan Doyo Baru.

Anjing – anjing pelacak dikenal dengan kesatuan K-9, anjing-anjing ini memiliki ketrampilan luar biasa, baik dalam melacak keberadaan narkotika, mengendus bahan peledak, atau pun melumpuhkan orang yang menjadi target pengejaran.

K9 adalah Unit Satuan Elit Khusus Satwa yang selama ini sering digunakan membantu kepolisian dalam mengungkap sejumlah kejahatan, karena anjing – anjing tersebut sudah terlatih memiliki sejumlah kemampuan khusus seperti mampu mencium bahan peledak untuk mengatasi yang berkaitan dengan terorisme.

Dapat membantu Tim SAR untuk mencari korban hidup dan mencari korban yang sudah meninggal.

Lalu mengendus hal yang berkaitan dengan narkotika, dan sering kali juga digunakan dalam pengendalian massa saat demo, dan memiliki kemampuan atraksi, kemampuan pelacakan kriminal umum. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan