HEADLINEWARTA POLDA

Dapat Penghargaan dari Kapolri, Ini Peran 30 Anggota Polda Papua Dalam Operasi Kemanusiaan di Sentani

Dapat penghargaan dari Kapolri, ini peran 30 anggota Polda Papua dalam operasi kemanusiaan di Sentani, tampak Jenderal Polisi Tito Karnavian di dampingi Kapolda Papua Irjen (Pol) Martuani Sormin memberikan selamat kepada 30 anggotanya. (Foto : Humas Polda Papua)Dapat penghargaan dari Kapolri, ini peran 30 anggota Polda Papua dalam operasi kemanusiaan di Sentani, tampak Jenderal Polisi Tito Karnavian di dampingi Kapolda Papua Irjen (Pol) Martuani Sormin memberikan selamat kepada 30 anggotanya. (Foto : Humas Polda Papua)

TIFAOnline, JAYAPURA— Mereka dianggap telah bekerja melampaui batas – batas kemanusiaan dan apa yang menjadi tugas pokok mereka, bahkan tanpa memikirkan keselamatan diri sendiri, tanpa kenal lelah dan tanpa pamrih ke-30 anggota Polri tersebut menunjukkan dedikasi yang tinggi pada kemanusiaan dan memberikan teladan yang patut di tiru oleh seluruh anggota maupun masyarakat.

“saya terharu dan juga bangga melihat di media, kinerja dan sinergisitas antara TNI/Polri yang sudah bergerak membantu masyarakat yang tertimpa musibah, ada yang membantu bayu hanyut, ada yang menunjukkan kejujuran dengan mengembalikan uang yang ditemukan, apalagi saya lihat sampai Pak Kapolda juga ikut turun tangan dan ikut menolong anak yang hanyut”, kata Jenderal  (Pol) Tito Karnavian ketika bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan penghargaan kepada 30 anggota Polda Papua di sela – sela kunjungannya ke Markas Yonif 751, Sabtu (23/3/2019).

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI dan Kapolri mengapresiasi kerjasama yang baik antara TNI- Polri dalam memulihkan kondisi Sentani terutama dalam penanganan evakuasi terhadap korban.

Seluruh anggota TNI-Polri yang saat melakukan bantuan kemanusiaan memberikan curahan tenaganya dan ikhlas dalam bekerja demi menyelamatkan seluruh masyarakat yang terkena musibah banjir bandang.

Sebagaimana release Humas Polda Papua, Sabtu (23/3/2019), ke- 30 anggota Polda Papua yang mendapatkan penghargaan tersebut diantaranya :

  1. Iptu Lalang dari Ditreskrimum Polda Papua yang saat membantu proses evakuasi tanpa sungkan – sungkan mengangkat beberapa mayat, namun setelahnya tanpa merasa jijik menikmati makannya dengan lahap, tidak merasa terusik padahal baru saja usai mengangkat mayat.
  2. Iptu Rumbiak, anggota Dit Samapta Polda Papua yang bersama – sama anggota TNI ikut menyelematkan dan mengangkat ibu-ibu yang terjepit.
  3. AKP Dian juga anggota Dit Lantas Polda Papua yang tanpa canggung dan rishi mengorek – ngorek lumpur pasir dan kemudian mengangkat mayat bayi yang ditemukannya dengan sigap dan tenang.
  4. Bripka Puryoso anggota Dit Pol Airud Polda Papua, dimana yang bersangkutan berhasil tiba dan memberikan bantuan untuk masyarakat Kampung Yongso Desoyo, Distrik Ravenirara yang sempat terisolir 3 hari akibat banjir bandang.
  5. Briptu Charly Mokay anggota Dit Polairud Polda Papua, dimana perannya yang aktif membantu proses evakuasi untuk menyelamatkan masyarakat di Kampung Atamali ke dataran yang lebih tinggi.
  6. Brigadir I Komang Agus Adi Purbawa dari Humas Polda Papua yang bertugas menyuplai secara rutin 24 jam informasi yang valid dan kredibel baik kepada masyarakat luas maupun kepada wartawan yang membutuhkan.
  7. Bripda Briyan Dom anggota Dit Intel Polda Papua yang tanpa memikirkan keselamatan jiwanya ikut melakukan pencarian serta pengangkatan mayat melawan arus dan lumpur yang dalam.
  8. Bripka Taufik, anggota Tim 7 Dit Lantas Polda Papua yang sudah bekerja keras dan sungguh – sungguh selama operasi kemanusiaan berlangsung.
  9. Iptu Hartono dari Tim Inafis Polda Papua yang setiap hari berkutat dengan kantong – kantong mayat untuk melakukan identifikasi jenazah.
  10. Bripka Arnold Auparay anggota Propam Polda Papua yang berhasil mengeluarkan bayi yang tertimbun dalam lumpur di Jalan Kemiri.
  11. Bripka Buhari anggota Bid Propam Polda Papua yang tanpa rasa takut dan tidak kenal waktu, pada malam hari mengevakuasi mayat di tumpukan kayu di salah satu penginapan di Kali Kemiri
  12. Brigadir Nono Jumeno, anggota Brimob yang memiliki dedikasi tinggi terlibat dalam operasi kemanusiaan sejak awal sampai hari ini.
  13. AKBP Dwi Iriani anggota Binmas Polda Papua yang mau bersusah payah menolong seorang anak kecil dan berusaha keras mempertemukan si anak dengan kedua orang tuanya.
  14. Iptu Hubi anggota Ro SDM Polda Papua yang rela mengeluarkan uang dari kantong pribadinya untuk membeli bama dan ikhlas membagikan bama tersebut ke daerah yang belum terjangkau bantuan.
  15. Ipda Orin anggota Ro SDM juga yang adalah kordinator Tim Trauma Healing Polda Papua yang menunjukkan dedikasi yang tinggi untuk menghadirkan keceriaan kepada anak – anak selama dalam pengungsian.
  16. Brigpol Suryadi anggota Polres Jayapura Kota yang juga memiliki dedikasi tinggi membantu proses evakuasi korban selama bencana tanah longsor dan banjir bandang di Sentani
  17. Brigpol M Ali Romlansyah anggota Polres Jayapura Kota yang juga memiliki dedikasi yang tinggi selama operasi kemanusiaan berlangsung.
  18. Bripda Isak Semuel Auparay yang tanpa memikirkan keselamatan dirinya menyelamatkan korban dari reruntuhan rumah dan tertimbun tanah dan patahan tembok beton pada bencana longsor di Ampera
  19. Ipda Yordan anggota yang berperan aktif dalam proses pencarian dan evakuasi 2 mayat di BTN Gajah Mada ke RSUD Yowari.
  20. Ipda Wayan yang bersama – sama rekan lainnya aktif dalam proses pencarian jenazah di BTN Gajah Mada Yahim Sentani.
  21. Aipda Sri Hartono anggota yang juga terlibat dalam proses pencarian dan evakuasi korban di BTN Gadjah Mada.
  22. Bripka Bonari, anggota yang tanpa kenal lelah aktif dalam proses pencairan jenazah di daerah sekitar jalan masuk Tabita.
  23. Brigpol Syarifudin aggota yang juga terlibat dalam proses pencarian jenazah di jalan masuk Tabita
  24. Brigpol Epod bersama rekan – rekan lainnya juga aktif dalam proses pencarian korban di Tabita.
  25. Aiptu Mustain, anggota yang aktif membantu masyarakat pengungsi pada saat banjir di BTN Gadjah Mada Yahim.
  26. Kompol Iip, Wakapolres Jayapura yang perannya sebagai Ketua Tim yang tanpa kenal lelah me-menej tim di lapangan.
  27. Bripka Marcel N. H. Barends anggota Polres Jayapura, yang terliba dalam proses evakuasi jenazah sejak hari pertama di TKP yang menonjol dan menerobos semak – semak dekat  pasar.
  28. Bripka Torora Ika ML, anggota Polres Jayapura yang juga terlibat dalam proses evakuasi jenazah sejak hari pertama di semak – semak dekat pasar.
  29. Brigpol Derajat T.P, anggota Polres Jayapura yang terlibat dalam proses evakuasi jenazah di semak – semak dekat pasar.
  30. Briptu Gilfred Markus, anggota Polres Jayapura yang ikut mengevakuasi jenazah di semak – semak dekat pasar.

Selain ke- 30 anggota Polda Papua yang mendapatkan penghargaan dari Kapolri dan Panglima TNI, beberapa anggota TNI-AD juga mendapatkan penghargaan serupa dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan