HEADLINENASIONAL

Panglima TNI Bilang Pemerintah Pusat Akan Bantu Pembangunan Rumah Korban Banjir Yang Rusak

Panglima TNI bilang pemerintah pusat akan bBantu pembangunan rumah korban banjir yang rusak, tampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di dampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memberikan sambutan saat tinjau Posko Induk Bencana Sentani. (Foto : dok. Humas Polda Papua)Panglima TNI bilang pemerintah pusat akan bBantu pembangunan rumah korban banjir yang rusak, tampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di dampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memberikan sambutan saat tinjau Posko Induk Bencana Sentani. (Foto : dok. Humas Polda Papua)

TIFAOnline, SENTANI— Panglima TNI, Hadi Tjahjanto berjanji bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera) akan memberikan bantuan berupa recovery 375 rumah warga korban banjir bandang Sentani, baik yang rusak berat, sedang maupun ringan.

“Kementerian PUPera sudah kirim tim ke sini juga, untuk menginventarisir jumlah rumah yang rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan, bahkan saya dengar laporan tadi banyak juga rumah yang hanyut tak bersisa terbawa oleh arus air”, kata Hadi Tjahjanto kepada awak media di Posko Induk Penanggulangan Banjir Sentani di Gunung Merah Sentani usai meninjau sejumlah lokasi terdampak, Sabtu (23/3/2019).

Dalam kunjungan sehari ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Panglima TNI, Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meninjau sejumlah infrastruktur yang rusak parah termasuk juga beberapa instalasi militer yang dimiliki TNI-AD maupun TNI-AU.

“kami sudah tinjau langsung instalasi militer baik di Yonif 751 maupun di kompleks Lanud, kondisinya cukup parah dan butuh segera penanganan, karena beberapa bangunan yang penting untuk operasional sehari – hari rusak parah dan saat ini menggunakan bangunan darurat, jadi butuh segera di tangani”, kata Hadi Tjahjanto di damping Kapolri Tito Karnavian.

Sebagaimana di paparkan oleh Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon kepada Panglima TNI maupun Kapolri saat berkunjung ke Posko Induk Penanggulangan Bencana di Gunung Merah Sentani, Sabtu (23/3/2019) bahwa sejumlah infrastruktur public, jalanan, sekolah, tempat ibadah dan perkantoran di Kabupaten Jayapura mengalami rusak parah.

Dimana untuk perumahan warga di laporkan yang mengalami rusak berat sebanyak 375 rumah, ada 4 jembatan yang rusak berat, drainase ada 8 yang rusak berat, gereja 3 unit dan masjid 2 unit yang juga kondisinya rusak berat.

Selain itu sekolah juga ada 8 yang rusak berat, ruko sebanyak 104 dan pasar 1 unit yang mengalami rusak berat.

“tadi saya sudah tanyakan langsung ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang katanya sudah berkoordinasi dengan PUPera yang sedang mendata, semoga bisa segera selesai proses pendataannya dan di sampaikan ke pemerintah pusat, sehingga tidak lama lagi proses recovery konstruksi bisa di mulai”, kata Panglima TNI. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan