HEADLINENASIONAL

Tinjau Lokasi Bencana Banjir Sentani, Panglima TNI Apresiasi Penanganan Pengungsi

Tinjau lokasi bencana banjir sentani, Panglima TNI apresiasi penanganan pengungsi, tampka Kapolri, panglima TNI dan Bupati Jayapura meninjau Posko Induk. (Foto : Amri/ TIFAOnline)Tinjau lokasi bencana banjir sentani, Panglima TNI apresiasi penanganan pengungsi, tampka Kapolri, panglima TNI dan Bupati Jayapura meninjau Posko Induk. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

TIFAOnline, SENTANI— Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi penanganan pengungsi banjir bandang Sentani yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura yang menurutnya cukup layak dan kebutuhan para pengungsi semuanya terakomodir secara baik.

“saya dengan Pak Kapolri melaksanakan kunjungan ke wilayah terdampak banjir bandang di wilayah Sentani ini memang ingin melihat secara langsung dampak kerusakan maupun korban yang ada disini, bagaimana tempat pengungsi, air bersih, MCK, dapur umum termasuk juga kebutuhan anak – anak untuk trauma healing”, kata Hadi Tjahjanto saat meninjau Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir Sentani di Gunung Merah Sentani, Sabtu (23/3/2109).

Panglima TNI mengapresiasi kesigapan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam hal penanganan pengungsi, dimana tempat yang disediakan menurutnya layak dan memadai untuk di huni oleh para pengungsi, demikian juga layanan kesehatan, maupun kebutuhan logistic terdistriusi dengan baik kepada para pengungsi.

“saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati yang sudah support dan membantu pengungsi semuanya, bahkan Kantor Bupati dijadikan Posko Utama untuk para pengungsi, demikian juga layanan kesehatan sangat memadai, semuanya berjalan baik”, kata Panglima TNI.

Dalam kunjungannya bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Hadi Tjahjanto dari Bandara Udara Sentani langsung meninjau sejumlah instalasi militer yang juga menjadi korban banjir bandang Sentani yang telah menelan korban jiwa sebanyak 105 orang meninggal, luka berat 107 orang dan 808 luka ringan itu.

“kami juga meninjau Batalion Infanteri 751 dan Lanud, kondisinya juga cukup parah, beberapa sarana penting untuk operasional sehari – hari saat ini menempati bangunan darurat, jadi akan kita tangani segera”, kata Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan itu juga Panglima TNI memberikan motivasi dan menguatkan para korban terdampak dan juga memberikan penghargaan kepada 30 anggota TNI yang di nilai aktif dan sudah berdedikasi tinggi selama operasi kemanusiaan berlangsung.

“penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kita sebagai pimpinan kepada anggota yang sudah kerja siang malam, menolong dan membantu para korban, mereka sudah dengan sukarela, ikhlas dan tanpa kenal lelah terlibat dalam upaya penyelamatan dan evakuasi para korban”, kata Hadi Tjahjanto.

Selain anggota TNI-AD, penghargaan juga diberikan Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian kepada 30 anggota Polda Papua juga yang terlibat dalam operasi kemanusiaan selama banjir bandang berlangsung. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan