HEADLINETANAH PAPUA

Tanggap Darurat, Pemkab Jayapura Gelontorkan 6 Miliar, Dana Sumbangan di Rekening Posko Sudah 7 Miliar Lebih

Tanggap darurat, Pemkab Jayapura gelontorkan 6 miliar, dana sumbangan di rekening Posko sudah 7 miliar lebih, tampak salah satu jembatan yang putus total dan butuh penanganan segera (inzert) Bupati Jayapura, Mathius Awaitouw. (Foto : Amri / TIFAOnline)Tanggap darurat, Pemkab Jayapura gelontorkan 6 miliar, dana sumbangan di rekening Posko sudah 7 miliar lebih, tampak salah satu jembatan yang putus total dan butuh penanganan segera (inzert) Bupati Jayapura, Mathius Awaitouw. (Foto : Amri / TIFAOnline)

TIFAOnline, Sentani— Untuk mengatasi sejumlah kebutuhan pengungsi dan juga mengatasi situasi darurat guna membangun beberapa infrastruktur yang putus total, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura menggelontorkan dana sebesar Rp 6.100.000.000.

Sedangkan jumlah sumbangan yang masuk ke rekening khusus Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir Bandang Sentani sejak di buka pekan lalu dana yang masuk sudah mencapai Rp. 7 miliar lebih.

“kami mengucapkan terima kasih atas dukungan banyak pihak, baik sumbangan dari lembaga, pemda lainnya di Papua, juga pihak swasta dan orang per orang, sehingga hari ini sudah ada terkumpul Rp 7 miliar lebih, sehingga total dana yang terkumpul di Posko Penanggulangan selama masa tanggap darurat sebesar Rp. 13 miliar lebih”, kata Mathius Awaitouw, Bupati Jayapura kepada awak media di Posko Induk Penanggulangan Bencana di Gunung Merah Sentani, Selasa (26/3/2019) sore.

Menurutnya dana yang ada selama masa tanggap darurat akan di fokuskan untuk penanganan pengungsi, termasuk juga pembangunan fasilitas darurat beberapa jembatan yang terputus agar akses jalan darat terbuka kembali.

“yang perlu ita pikirkan kebutuhan air bersih, MCK, juga pembangunan beberapa rumah warga yang rusak di dalam Kota Sentani, mungkin kita akan membangunkan rumah tinggal darurat dulu untuk mereka selama masa transisi ini”, kata Bupati Jayapura,.

Menurutnya dari total Rp 7 miliar lebih yang di sumbangkan banyak pihak sesuai laporan yang ia terima hari ini, Selasa (26/3/2019) telah terpakai sebesar Rp. 3.133.000.000.

“penggunaannya untuk penanganan kebutuhan pengungsi, transportasi, bahan bakar operasional, dan juga beberapa kebutuhan penanganan bencana yang tidak disediakan dari bantuan masyarakat yang terkumpul”, kata Awaitouw.

Bupati mengucapkan terima kasih atas empati dan dukungan spontanitas dari seluruh warga di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, sehingga kebutuhan logistic para pengungsi juga agak terbantu, termasuk dukungan dari Kementerian Sosial dan juga Provinsi Papua.

Menurut Bupati, hingga hari ini bantuan dan donasi dari banyak pihak terus mengalir ke rekening khusus Posko Penanggulangan Bencana di Bank BRI dengan Nomor Rekening : 10.82.01.001351-302.

“terima kasih kepada teman – teman media yang sudah mempromosikan nomor rekening Posko, sehingga bantuan terus mengalir, saya sudah tegaskan ke pada Tim bahwa untuk pengelolaan bantuan dari masyarakat harus transparan, dan kita update setiap hari dan di tempel di tempat umum yang bisa di akses public di area Posko”, kata Bupati Jayapura. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan