HEADLINESOSIAL KEMASYARAKATAN

Mulai dari Organisasi Karyawan, Hingga LSM Dibawah Naungan PT. Freeport Indonesia Ikut Peduli Banjir Sentani

Mulai dari organisasi karyawan, hingga LSM dibawah naungan PT. Freeport Indonesia ikut peduli banjir sentani, tampak Jonny Lingga, Vice Presiden Departemen Hubungan Pemerintahan Wilayah Papua PT. FI ketika menyerahkan bantuan di Kampung Dondai, Sentani Barat. (Foto : dok. Corcom PT. FI)Mulai dari organisasi karyawan, hingga LSM dibawah naungan PT. Freeport Indonesia ikut peduli banjir sentani, tampak Jonny Lingga, Vice Presiden Departemen Hubungan Pemerintahan Wilayah Papua PT. FI ketika menyerahkan bantuan di Kampung Dondai, Sentani Barat. (Foto : dok. Corcom PT. FI)

TIFAOnline, JAYAPURA— Sejak terjadinya bencana banjir bandang Sentani, Minggu (17/3/2019), PT. Freeport Indonesia terus memberikan perhatian dalam bentuk bantuan maupun mengirimkan tenaga kesehatan untuk membantu para korban.

Bukan hanya itu saja, beberapa organisasi karyawan, bahkan LSM yang berada di bawah naungan manajemen PT. Freeport Indonesia (PT. FI) juga menunjukkan kepeduliannya, diantaranya adalah Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK), sebuah organisasi nirlaba yang selama ini bermitra dengan PT. FI untuk pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pemilik ulayat di operasi tambang PT. FI di Kabupaten Mimika, Papua.

Sebagaimana release yang diterima TIFAOnline dari Departemen Corporate Communication (Corcom) PT. FI, Jumat (28/3/2019) disebutkan bahwa Rabu (24/3/2019) kemarin Ketua Badan Musyawarah LPMAK, Elminus B. Mom telah menyerahkan bantuan sebesar Rp. 300 juta yang diterima secara simbolis oleh Bupati Jayapura, Mathius Awaitouw.

“LPMAK menyatakan keprihatinan yang mendalam atas musibah bencana alam banjir bandang yang menimpa masyarakat Kabupaten Jayapura, kami menyumbangkan dana ini untuk ikut meringankan penderitaan masyarakat korban bencana alam”, kata Elminus Mom usai menyerahkan bukti setoran ke rekening khusus tanggap darurat yang sudah di sediakan oleh Pemda Kabupaten Jayapura, Rabu (24/3/2019).

Proses distribusi bantuan kemanusiaan dari PT. FI ke masyarakat terdampak koban banjir Sentani secara langsung. (Foto : dok. Corcom PT. FI)

Selain LPMAK, salah satu organisasi pekerja yang membawahi ribuan pekerja PT. FI yang juga berkontribusi adalah Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PUK – SP KEP SPSI) PTI.

Dimana beberapa orang perwakilan PUK – SP KEP SPSI PT. FI sudah seminggu ini berada di Kota Sentani dan sekitarnya dengan membantu membuatkan sumur bor di beberapa titik guna memenuhi kebutuhan sumber air bersih bagi para korban.

“kami secara berkelompok menyebar ke beberapa lokasi, langkah pertama yang kami lakukan adalah mendatangi kampung-kampung untuk berdialog dengan kepala suku serta masyarakat adat terdampak bencana alam guna menyerap kebutuhan yang paling penting dan mendesak, ada sekitar 4 kampung yang sangat butuh pasokan air bersih dan kami bantu membuatkannya”, kata Pakris Paulus Umbora, Koordinator Tim Relawan sekaligus Sekretaris PUK- SP KEP SPSI PTFI dalam release yang diterima TIFAOnline, Jumat (29/3/2019).

Karyawan PT. FI yang tergabung dalam PUK-SP KEP SPSI yang sudah beberapa hari ini membantu pembuatan sumur bor untuk kebutuhan air bersih. (Foto : dok. Corcom PT. FI)

Menurutnya, mereka sengaja tidak memberikan bantuan dalam bentuk sembako atau kebutuhan lainnya yang sudah di sediakan oleh sebagian besar masyarakat dan organisasi pada umumnya, tetapi mereka focus menyediakan sumur – sumur bor untuk air bersih, karena saat ini banyak sumber air yang sudah tercemar.

Vice Presiden (VP) Departemen Hubungan Pemerintahan Wilayah Papua PT. FI, Jonny Lingga di dampingi Sonny Worabay, Kepala Kantor Perwakilan PTFI Jayapura dan juga Kerry Yarangga, Manajer Departemen Corporate Communication (Corcom) juga sejak Minggu (17/3/2019) bersama Tim Relawan PT. FI terjun langsung ke beberapa titik lokasi bencana untuk memberikan bantuan kemanusiaan dari PT. FI secara langsung kepada para korban.

Dimana pada Kamis (28/3/2019) kemarin, Jonny Lingga bersama Tim Relawan PT. FI menyeberangi Danau Sentani menyerahkan bantuan kemanusiaan PT. FI berupa sembako kepada masyarakat di Kampung Dondai, Distrik Sentani Barat.

“Papua adalah rumahnya PTFI juga, sehingga kami datang untuk ikut meringankan beban penderitaan yang saat ini terpikul di pundak masyarakat Kabupaten Jayapura, sejauh ini dalam memberikan bantuan kemanusiaan, PTFI senantiasa berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemda setempat, kami selalu mendukung Pemda”, kata Jonny Lingga dalam releasenya.

Pdt. Agustina Pelamonia atas nama jemaat Gereja Kampung Dondai mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan semua karyawan PTFI yang telah ikut memberikan perhatian kepada jemaat sekaligus masyarakat di Kabupaten Jayapura, khususnya di kampung Dondai.

Ucapan senada juga di sampaikan oleh Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awaitouw ketika menerima bantuan dari PT. FI beberapa waktu lalu di Posko Induk Gunung Merah Sentani.

Sejak terjadinya bencana, PT. FI terus mendropping sejumlah bantuan kemanusiaan mulai dari makanan siap saji, siap olah, pakaian anak-anak, orang dewasa, pria dan wanita, dan perlengkapan mandi.

Bahkan PT. FI juga menerjunkan Team Emergency Preparedness & Respon (EPR) serta Team Medis langsung ke lokasi bencana guna memberikan pertolongan pertama menyelamatkan korban yang masih hidup serta mencari dan menemukan korban yang sudah meninggal dunia. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan