HEADLINESOSIAL KEMASYARAKATAN

Seminggu Buka Posko Banjir Sentani, YBM PLN Sudah Salurkan Bantuan Sebesar Rp. 162 Juta

Seminggu buka posko banjir sentani, YBM PLN sudah salurkan bantuan sebesar Rp. 162 juta, tampak Manager YBM PLN WP2B, Rachmat Nur saat menyerahkan bantuan ke korban bencana banjir Sentani di Posko YBM di ULP Yabaso Sentani. (Foto : dok. YBM PLN)Seminggu buka posko banjir sentani, YBM PLN sudah salurkan bantuan sebesar Rp. 162 juta, tampak Manager YBM PLN WP2B, Rachmat Nur saat menyerahkan bantuan ke korban bencana banjir Sentani di Posko YBM di ULP Yabaso Sentani. (Foto : dok. YBM PLN)

TIFAOnline, JAYAPURA— Sejak hari pertama kejadian banjir bandang Sentani, Minggu (17/3/2019) pekan lalu, hingga Sabtu (23/3/2019) Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara Wilayah Papua dan Papua Barat (YBM PLN WP2B) telah menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji maupun bantuan berupa kebutuhan sembako dan uang tunai kepada para korban banjir setiap harinya.

“total bantuan yang telah kita salurkan seluruhnya bernilai Rp. 162.293.000, yang bersumber dari

dana kas YBM PLN, iuran para pegawai PLN WP2B, PT. PP, MPP2, EPC Nabire Biak dan Manokwari, juga ada dari vendor PT. PLN (Persero) WP2B, diantaranya Indonesia Power Unit Jasa Pembangkitan PLTU Holtekamp, PT. Cogindo Daya Bersama”, kata Rachmat Nur, Manager YBM PLN WP2B, dalam release yang diterima TIFAOnline, Kamis (28/3/2019).

Menurutnya sejak hari pertama, tim gabungan YBM PLN Unit Induk WP2B, Unit Induk Pembangkit (UIP) Papua, UIP Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Slselrabar) serta UIP Maluku dan Maluku Utara langsung membuka Posko Peduli Bencana Banjir Bandang Sentani di kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Sentani di Kelurahan Yabaso, Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura.

“aksi kita yang pertama pada Minggu (17/3/2019) pagi membagikan 300 nasi bungkus di sepanjang jalan protokol Sentani mulai dari depan Batalion 751 hingga di Masjid Darul Ulum Doyo Baru, karena itu hari pertama dan memang pengungsi masih panik sehingga membutuhkan makanan siap saji”, kata Rachmat Nur, Manager YBM PLN WP2B dalam releasenya.

Tim relawan YBM PLN ketika turun lapangan menyalurkan sumbangan di salah satu lokasi banjir bandang Sentani. (Foto : dok. YBM PLN)

Pada hari yang sama juga tim gabungan YBM PLN menyalurkan bantuan sembako, popok bayi, 10 karton air Aqua 600 ml dan terpal sebanyak 5 buah ke kompleks BTN Gadjah Mada Yahim untuk membuat tenda darurat bagi pengungsi.

“di lokasi itu ada 2 RT yang terdampak, dimana RT 01 dengan jumlah 87 Kepala Keluarga (KK) dan RT 02 sebanyak 78 KK, total bantuan yang kami salurkan sebesar Rp. 21.995.000”, kata Rachmat Nur yang menyerahkan bantuan dan di terima langsung oleh Nurhayati, Bendahara RT 02 mewakili Piter Erto Ketua RT 01 dan Sabar Nainggolan, Ketua RT 02.

Di hari kedua, Senin (18/3/2019) Tim Gabungan YBM PLN kembali bergerak menyalurkan bantuan nasi bungkus sebanyak 500 bungkus kepada pengungsi yang menempati kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura di Gunung Merah Sentani,

“pengungsi di Dinas Kesehatan mayoritas berasal dari Doyo yang tinggal di belakang bandara Advent Doyo sebanyak 300 jiwa, kami membagikan sekitar 300 nasi bungkus plus air Aqua 600 ml sebanyak 15 karton”, kata Farid Wadjedin yang mewakili Manager YBM PLN saat penyerahan.

Dihari yang sama, Tim Relawan Gabungan PLN YBM juga memberikan bantuan nasi bungkus dengan air mineral Aqua 600 ml ke pengungsi di Masjid Darul Ulum berjumlah sekitar 40 orang dan Masjid Al Ikhlas sekitar 60 orang, serta sekitar 100-an warga lainnya masih bertahan menjaga rumah mereka masing – masing.

Dimana bantuan di terima oleh Ust Muhammad Taufan yang diserahkan oleh Farid Wadjedin.

“total bantuan yang disalurkan di hari kedua sebesar Rp, 11.625.000”, kata Rachmat Nur dalam releasenya.

Tim relawan YBM PLN ketika turun ke lokasi banjir bandang Sentani menyerahkan bantuan kepada korban secara langsung. (Foto : dok. YBM PLN)

Di hari ketiga, Selasa (19/3/2019), bertempat di Posko Peduli YBM PLN di kantor ULP PLN Yabaso, di serahkan bantuan kepada warga yang tinggal di Komba berupa sembako, pakaian layak pakai dan terpal, dimana bantuan diterima oleh perwakilan warga atas nama Bpk, Usman yang di serahkan langsung oleh Rachmat Nur, Manager YBM PLN dengan total bantuan Rp. 2.500.000.

Di hari keempat, Rabu (20/3/2019), Tim Relawan YBM PLN kembali memberikan bantuan berupa makanan siap saji sebanyak 250 bungkus di Posko Masjid Al-Falah Pasar Baru Sentani serta di Pasar Baru Lantai 2 Blok A, B, C, dan D yang diterima langsung oleh Muksin, pengurus Masjid Al-Falah Pasar Baru Sentani.

Kemudian sebanyak 250 bungkus juga di hari yang sama di salurkan ke perumahan BPD Sosial di belakang Batalion 751, dimana di lokasi tersebut ada 650 orang yang masih bertahan di rumah masing – masing karena khawatir rumah mereka di masuki pencuri bila di tinggal pergi.

“Di hari ke empat, total sumbangan yang kami salurkan senilai Rp. 11.250.000”, kata Basri La Ndika yang mewakili General YBM PLN WP2B menyerahkan bantuan dimaksud dalam releasenya.

Jum’at (22/3/2019), di hari kelima, Tim YBM PLN kembali menyalurkan bantuan berupa kebutuhan bayi berupa makanan bayi, susu, dan pampers serta bantuan sembako untuk keperluan dapur umum.

“kami salurkan ke dua tempat di Posko Garuda dan Posko Masjid Al Ikhlas Pasar Lama, di Posko Garuda di dominasi ibu hamil dan anak – anak sekitar ada 30 jiwa, bantuan di terima oleh Bpk Yared Sokoy, sedankan di Masjid Al Ikhlas itu dapur umum, di dua tempat tersebut total sumbangan yang kami salurkan senilai Rp. 31.923.000”, kata Musaddat Ahmad yang menyalurkan bantuan mewakili Manager YBM PLN.

Dan di hari terakhir, Sabtu (23/3/2019) Tim YBM kembali menyalurkan bantuan kepada karyawan dan Alih Daya PLN ULP Sentani sebanyak 21 orang dan sector Unit Pelaksana Pembangkitan Papua dan Papua Barat (UPK P2B) sebanyak 24 orang.

“bantuan yang di serahkan berupa sembako dan uang tunai sebesar Rp 1.000.000 per KK, dimana total sumbangan yang di slaurkan sebesar Rp. 85.000.000, yang diterima oleh Ahmad Yusuf H sebagai perwakilan”, kata Rachmat Nur.

Selaku Manager YBM PLN WP2B, Rachmat Nur mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah mempercayakan kepada YBM PLN WP2B untuk menyalurkan bantuan mereka kepada seluruh warga terdampak korban banjir bandang Sentani yang saat ini sudah mulai tertangani dengan baik oleh Pemerintah Daerah. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan