HEADLINETANAH PAPUA

Kadinkes Papua Nilai Tanggap Darurat Tim Kesehatan di Banjir Sentani Tercepat

Kadinkes Papua nilai tanggap darurat tim kesehatan di banjir sentani tercepat, tampak Kadinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes bersama Kadinkes Kab. Jayapura, Kairul Lie di Posko Induk Gunung Merah Sentani. (Foto : Amri/ TIFAOnline)Kadinkes Papua nilai tanggap darurat tim kesehatan di banjir sentani tercepat, tampak Kadinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes bersama Kadinkes Kab. Jayapura, Kairul Lie di Posko Induk Gunung Merah Sentani. (Foto : Amri/ TIFAOnline)

TIFAOnline, SENTANI— Keberhasilan penanganan tanggap darurat, khususnya dalam hal penanganan korban baik yang meninggal maupun yang membutuhkan pelayanan kesehatan baik rawat inap maupun rawat jalan mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Bahkan menurutnya kinerja tim tanggap darurat kesehatan di bawah kendali Dinas Kesehatan Kabupaten Jayaupura menurutnya tercepat dari tanggap darurat di daerah lainnya yang pernah mengalami bencana di Papua.

“hari ini sejarah mencatat bahwa tanggap darurat tercepat dilakukan oleh Dinkes Kabupaten jayapura sebagai penanggung jawab lapangan, dimana sekitar 80 mobil ambulance di turunkan, dan stanby di wilayah bencana, dan tidak ada korban yang ditemukan yang menunggu, demikian juga semua Rumah Sakit stanby menerima dan menampung korban”, kata drg. Aloysius Giyai, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua saat meninjau Posko Kesehatan di Gunung Merah Sentani, Rabu (27/3/2019).

Menurutnya lagi memang sejak informasi bencana banjir bandang terjadi, dirinya sebagai penanggung jawab kesehatan wilayah Papua langsung mengirim Tim Kesehatan untuk koordinasi langsung dengan Kadinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dan kemudian malam kejadian itu juga mengkoordinasikan semua institusi kesehatan.

“baik Dinkes Kabupaten Jayapura, Dokeks Polda Papua, Kakesdam, RSUD Jayapura, RS Abepura, RSJ, RS Yowari, RS Bhayangkara, RS Marthen Indey, RS Dian harapan, dan klinik – klinik, KKP, dan juga institusi pendidikan kesehatan Poltekes, FKM Uncen, Stikes, dan beberapa instansi terkait untuk bergerak juga malam itu”, kata Aloysius Giyai.

Adapun beberapa indicator mengapa menurutnya tanggap darurat kesehatan pada bencana banjir bandang Sentani saat ini sebagai yang tercepat adalah salah satunya dalam hal penanganan korban yang ditemukan.

“kalau kita temukan mayat, evakuasi tidak ada kata terlambat, hitungan menit, masyarakat terdampak musibah ini, begitu kita kumpulkan di posko langsung tertangani oleh tenaga medis dari beberapa institusi, obat – obatan juga tidak ada keluhan, masyarakat yang mau akses fasilitas dan layanan kesehatan juga semua terjangkau, karena tenaga kesehatan kami bukan hanya di posko – posko tetapi juga mobile”, kata Kadinkes Provinsi Papua.

Untuk itu ia mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tenaga medis dari berbagai instansi kesehatan yang ada di Jayapura dan sekitarnya yang sudah bekerja keras selama beberapa hari ini. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan