HEADLINENASIONAL

Kemensos Sudah Kucurkan Bantuan Logistik Senilai 4,3 Miliar Untuk Banjir Sentani

Kemensos sudah kucurkan bantuan logistik senilai 4,3 miliar untuk banjir Sentani, tampak Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mengunjungi lokasi banjir Sentani. (Foto : dok. Barus/ WAG. Info Banjir Bandang Sentani)Kemensos sudah kucurkan bantuan logistik senilai 4,3 miliar untuk banjir Sentani, tampak Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mengunjungi lokasi banjir Sentani. (Foto : dok. Barus/ WAG. Info Banjir Bandang Sentani)

TIFAOnline, SENTANI— Sejak hari pertama kejadian banjir bandang Sentani, Minggu (17/3/2019) lalu, hingga kemarin Rabu (27/3/2019) Kementerian Sosial Republik Indonesia telah mengucurkan bantuan untuk penanganan banjir bandang Sentani sebesar Rp. 4,3 miliar dalam bentuk barang dan logistic kebutuhan para pengungsi.

“Dari Kemensos sejak hari pertama sudah hadir dengan mengirimkan personel relawan Tanggap Darurat Bencana (Tagana), juga dengan beberapa bantuan yang sampa hari ini sudah senilai Rp. 4,3 miliar dari dalam berbentuk barang”, kata Agus Gumiwang Kartasasmita kepada awak media usai menyerahkan santunan kepada 71 ahli waris korban bencana banjir bandang di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Banjir Sentani di Gunung Merah Sentani, Rabu (27/3/2019).

Menteri Sosial berharap bantuan yang sudah di kucurkan Kementerian Sosial bisa memenuhi kebutuhan para pengungsi.

“Apakah itu cukup atau tidak, kita serahkan ke Dansatgas yang bersama – sama dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten untuk mengelolanya, kalau masih ada hal – hal yang di perlukan, kami siap memberikan bantuan lagi”, tegas Gumiwang Kartasasmita lagi.

Menurutnya juga Pemerintah Darurat jangan sampai lupa dengan ribuan pengungsi yang sudah pulang ke rumah, sekiranya mereka membutuhkan bantuan dari Kementerian Sosial siap memberikan dukungan apakah itu tendon air bersih, atau perlengkapan bersih – bersih rumah dan lainnya.

“saya sangat apresiasi kepada TNI/Polri, BNPB, Basarnas dan juga beberapa organisasi lainnya baik Ormas, OKP maupun relawan yang sudah bekerja keras sejak hari pertama dengan perhatian yang sungguh – sungguh dan komitmen sehingga saya lihat penanganan bencana banjir dan longsor di Sentani ini penanganannya sangat baik”, kata Menteri Sosial.

Terhadap sekitar 6.000 orang pengungsi yang sudah memilih kembali ke rumah masing – masing, Gumiwang Kartasasmita menghimbau harus tetap diberikan pendampingan dan perhatian agar rumah mereka bisa kembali bersih dan bisa segera ditinggali dengan normal.

“Untuk rumah yang rusak berat ini masih proses pendataan, nanti kita akan coba sampaikan kepada pemerintah pusat bentuk bantuan apa yang akan diberikan kepada mereka”, kata Agus Gumiwang Kartasasmita. (walhamri wahid)

Tinggalkan Balasan